Gali Potensi, Dorong Perekonomian Dibalik Bencana, TNI Lumajang Dampingi Warga Buat Batako

Gali Potensi, Dorong Perekonomian Dibalik Bencana, TNI Lumajang Dampingi Warga Buat Batako

Suara Satu News
Rabu, 05 Januari 2022

Foto : tim


LUMAJANG - (suarasatunews.com) Sisi mendasar dalam penanganan bencana Erupsi Gunung Semeru dilakukan oleh personel TNI, dengan memberikan pendampingan serta bimbingan warga setempat dalam pembuatan batako, yang nantinya akan di gunakan sebagai bahan bangunan hunian sementara ( huntara ) di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Rabu (5/1/2022).


Kegiatan itu dilakukan, diharapkan akan berdampak baik, salah satunya sisi kesigapan kemandirian sebagai penunjang perekonomian warga terdampak, saat melangsungkan hidup pasca bencana.


Danramil 0821/09 Candipuro Kapten Inf Anwar Suprihatin menuturkan, pembekalan dilakukan secara seksama. Kata dia, salah satu sisi kemampuan mandiri ini jika diperkuat maka secara tidak langsung akan menjadi pondasi kehidupan.


"Sisi mendasar, kami dapati disini warga setempat, piawai dalam pembuatan batako. Dimana batako tentu akan jadi bahan bangunan hunian sementara, kami tempatkan kemampuan warga itu sendiri, pada porsi yang sesuai, harapannya nanti akan berkelanjutan hingga pembangunan usai dan menjadi pendorong bangkitnya perekonomian pasca musibah," kata Danramil.


Maski menggunakan peralatan yang sederhana, nampak saat didampingi, warga semangat dan mampu menghasilkan batako yang bisa dikatakan mapan, sesuai dengan jenis batako yang diperlukan dalam sebuah bangunan.


"Disini kami simak, banyak sendi - sendi penopang kehidupan ditengah terjadinya bencana. Oleh karena itu kami petakan, satu persatu akan kami angkat. Sehingga pemulihan - pemulihan pasca bencana benar - benar maksimal," imbuh Danramil.


Danramil memastikan, pihaknya akan terus terlibat dalam penanganan hingga benar - benar usai. Secara maksimal, sisi penopang kehidupan akan terus ia dorong, terlebih berkaitan dengan sisi hidup dalam jangka panjang ke depan. (**).