Cegah Banjir, TNI Lumajang Bersama Warga Pasang Pancung Bambu

Cegah Banjir, TNI Lumajang Bersama Warga Pasang Pancung Bambu

Suara Satu News
Minggu, 09 Januari 2022

Kolaborasi warga dan TNI di Lumajang
Foto : tim


LUMAJANG - (suarasatunews.com) Bersama Warga dalam upaya penanganan dalam rangka antisipasi menangkal luapan air sungai Curah Menjangan yang abrasi saat banjir.


Hal tersebut disampaikan Bati Tuud Koramil 0821/02 Sukodono Peltu Cahyo Purnomo pada saat memimpin TNI jajaran Kodim 0821 Lumajang, melaksanakan karya bakti pemasangan patok (pancung) bersama warga disungai Curah Menjangan, Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Minggu (9/1/2022).


Cahyo juga mengatakan bahwa, tujuan dilakukan pemasangan patok merupakan langkah untuk mencegah terjadinya abrasi bibir sungai serta menangkal luapan air sungai saat banjir yang menggenangi jalan dan rumah warga setempat.


"Kegiatan karya bakti ini disamping menangkal terjadinya abrasi oleh kikisan air sungai, dan juga mencega terjadinya banjir susulan pada saat hujan yang cukup besar serta harapan kami kedepan perlu adanya penanganan dengan normalisasi," harap nya.


Sementara itu, Kepala Desa Kutorenon Faisal Rizal mengatakan bahwa, ini adalah langkah penanganan awal pemasangan patok dilokasi sungai yang terkena abrasi yang berdekatan dengan jembatan, yang nantinya dapat mencegah jembatan roboh. 


"Terima kasih yang terhingga atas bantuan TNI Lumajang, bisa meluangkan waktu dalam kerjasama melaksanakan langkah awal dalam melaksanakan karya bakti pemasangan pancung dibibir sungai sehingga menangkal luapan air sungai dapat dicegah," pungkasnya. (**).