Wilayah Tak Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Program Vaksinani Covid - 19 Tetap Jalan

Wilayah Tak Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Program Vaksinani Covid - 19 Tetap Jalan

Suara Satu News
Selasa, 07 Desember 2021

Kapolsek Klakah Iptu Khoirin, mendampingi warga saat suntik vaksin.

LUMAJANG - (suarasatunews.com) Program vaksinasi Covid - 19 di Kabupaten Lumajang, khsusnya di wilayah yang tak terdampak erupsi gunung semeru, tetap berjalan seperti biasa.


Salah satunya di wilayah Kecamatan Klakah, bersama jajaran Forkopimcam, Kapolsek Klakah Iptu Khoirin berikut anggota, mendampingi tim vaksinator dari Puskesmas Klakah melaksanakan vaksinasi door to door / ke rumah - rumah warga, Selasa (7/12/2021).


Sesuai dengan skala perencanaan kegiatan, petugas mendatangi rumah - rumah warga, melakukan penyuntikan vaksin sesuai dosis dan tata laksana yang ada. Yakni bermula dari pendataan identitas, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan sebagai penentuan layak tidaknya divaksin. Pasca dinyatakan meninggal syarat dari sisi medis, barulah dilakukan penyuntikan hingga observasi sesudahnya.


Semangat tim Vaksinator, diketahui salah satunya dalam kondisi hamil 7 bulan.


Kapala Kepolisian Sektor Klakah Iptu Khoirin berkata, keterlibatan pihaknya dalam pelaksanaan program itu, selain melakukan pengamanan, juga sebagai wujud dukungan dan motivasi pada warga peserta vaksin.


Peserta vaksin saat itu mayoritas lansia dan masyarakat umum. Kata dia, vaksinani door to door kian memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tak sempat datang ke gerai vaksin yang telah disediakan.


Sinergitas dalam pendampingan.

"Utamanya para lansia, jadi mereka tak perlu lagi susah - susah datang ke gerai vaksin, karena kami sudah datang / jemput bola," ucap Kapolsek.


Merupakan rangkaian dari kegiatan yang digelar di hari sebelumnya, Iptu Khoirin menambahkan jika kegiatan serupa sebelumnya juga digelar secara serentak dan berkesinambungan ditiap - tiap dusun serta tingkat RT / RW, lokasi kerja warga, warung, cafe, di lingkungan sekolah, SPBU / kawasan umum dan lainnya.


Vaksinasi di kawasan umum.


"Grafik capaian menunjukkan angka kenaikan. Kami harap, masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin agar tetap melaksanakan protokol kesehatan, sebagai penyempurna dari terbentuknya ketahanan diri dari kemungkinan tertular virus," imbuhnya.


Selebihnya, perwira polisi berpangkat dua balok kuning emas itu menegaskan, jika kegiatan yang sama selanjutnya akan terus dilakukan, dengan tetap memperhatikan situasi dan perkembangan yang ada.


"Kami turut mengapresiasikan tim nakes yang tetap gigih dalam melaksanakan tugasnya. Kepada semua pihak, pada jajaran Forkopimcam kami ucapkan terimakasih, semoga sinergitas akan terus baik. Harapan, pandemi ini akan segera berakhir, dan situasi serta keadaan akan kembali pulih seperti sediakala," tutupnya. (**).