TNI-Polri dan TLCI Serahkan Bantuan Sembako di Pengungsian Korban Erupsi Gunung Semeru

TNI-Polri dan TLCI Serahkan Bantuan Sembako di Pengungsian Korban Erupsi Gunung Semeru

Suara Satu News
Kamis, 16 Desember 2021

Foto bersama usai berikan bantuan.

LUMAJANG – (suarasatunews.com) TNI-Polri dan Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) Chapter Surabaya menyerahkan bantuan berupa sembako kepada para pengungsi erupsi Gunung Semeru, di Posko Pengungsian SMA 1 Candipuro, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (15/12/2021).


Adapun bantuan yang diberikan kepada pengungsi diantaranya, batuan sembako, obat- obatan, peralatan salat, masker, pakaian dan perlengkapan mandi. Bantuan tersebut merupakan kerjasama dari Lantamal V, Puspenerbal, dan TLCI Chapter Surabaya. 


Bantuan sembako diberikan secara simbolis kepada Korban Erupsi Gunung Semeru yang berada di tempat pengungsian.


Kegiatan tersebut dihadiri Danlanal Malang Kolonel Laut (P/W) Ni Ketut Prabhawati, Danyonmarhanlan V Surabaya Mayor Marinir Daniel Iwan Setiawan, Direktur Kesiapsiagaan BNBP Drs. Pangarso Suryotomo, Korlap TLCI Surabaya Avi Novita, dan Sekertaris BPBD Provinsi Jatim Erwin Indra Wijaya.


Tonton Video Ini

Koordinator Lapangan TLCI Chapter Surabaya, Avi Novita mengatakan, bahwa bantuan diberikan kepada pengungsi yang berada di lokasi tersebut sebanyak 176 paket, yang terdiri dari sembako, obat-obatan, peralatan salat dan masker, sedangkan untuk 56 paket yang terdiri dari pakaian dan perlengkapan mandi disalurkan ke tempat yang berbeda.


"Kami berharap kepada masyarakat yang menjadi korban semeru semangat dengan adanya ini kita ambil hikmahnya," harapnya.


Saat pemberian.

Lanjut Avi, bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban yang dialami masyarakat terdampak Erupsi Gunung Semeru.


“Semoga dengan bantuan yang kita berikan, dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru, harapan saya semoga masyarakat bisa cepat bangkit kembali dan doa yang terbaik akan terus saya panjatkan,” harap dia.


Sementara itu, Seketaris BPBD Provinsi Jawa Timur Erwin Indra Wijaya menyampaikan, bahwa atas nama Satgas penanganan Gunung Semeru harus mengucapkan terima kasih Bapak dan Ibu dari TNI Angkatan Laut dari Lantamal V, Puspenerba supports sangat luas biasa.


"Mudah-mudahan apa yang diberikan kepada para pengungsi Ini bisa memberikan kebahagian tersendiri, seperti kita lihat semua disini memang ada sekitar 175 pengungsi dari berbagai usia dan ada ada kelompok rentan dan anak ada ada ibu hamil," ujarnya.


Kegiatan yang dilakukan bersama-sama untuk ikut meringankan beban korban erupsi Gunung Semeru.


Erwin mengatakan, pihak BPBD Provinsi Jatim juga mendirikan tenda ramah anak dan ada dapur umum untuk balita dan anak, agar tersedia menu khusus bagi mereka.


"Karena anak ini nggak bisa disamakan dengan orang dewasa, jadi menu makanan ini kami siapkan. Mudah-mudahan Ini bisa memberikan dan berbagi untuk semua," tuturnya.


Direktur Kesiapsiagaan BNBP, Drs. Pangarso Suryotomo mengungkapkan, bentuk nyata kepedulian dari Lantamal V, Puspenerba dan TLCI didalam meringankan beban masyarakat yang terdampak dari erupsi Gunung Semeru ini.


"Harapannya semua warga yang mengungsi akan segera kembali namun masih dipastikan kapan. karena banyaknya penduduk rentan yang ada di pengungsian ini perlu perhatian lebih, sehingga nanti kiranya Lantama V dan TLCI Lebih memperhatikan untuk penduduk rentan disini ada anak, ada orang tua, ada ibu hamil yang perlu perhatian khusus," terangnya. (**).