Peran Serta Prajurit Dalam Trauma Healing Pasca Bencana

Peran Serta Prajurit Dalam Trauma Healing Pasca Bencana

Suara Satu News
Minggu, 19 Desember 2021

Foto : trauma healing pada anak-anak korban erupsi gunung semeru


LUMAJANG - (suarasatunews.com) Andil pada setiap tahapan penanggulangan pasca terjadinya bencana Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, prajurit TNI jajaran Komando Distrik Militer 0821 kali ini turut serta melakukan trauma healing pada anak - anak di tempat pengungsian di Masjid An Nur Dusun Poncosumo Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Minggu (19/12/2021).


Penanganan trauma healing pasca bencana, menjadi salah satu bentuk layanan psikososial yang diberikan pada korban atau masyarakat terdampak. Kali ini, trauma healing lebih difokuskan dengan terapi psikososial, diharapkan akan membantu korban agar mampu melanjutkan hidupnya.


Keberlangsungan hidup salah satunya anak - anak menjadi prioritas. Disampaikan oleh Serka Abdul Wahid, kegiatan saat itu melibatkan sejumlah pihak.


"Fokus kita pada trauma healing ini yakni, menurunkan tingkat kecemasan dan mengembalikan kondisi emosional anak-anak pasca bencana erupsi. Dengan berbagai macam permainan yang dilakukan secara individu maupun kelompok," kata Serka Abdul Wahid.


Menurunkan, menghadapi bencana bagi anak - anak akan lebih berat jika dibandingkan dengan orang yang sudah dewasa. "Karena mereka masih belum memahami apa yang terjadi. Anak - anak masih belum punya pengalaman yang cukup untuk mengahadapi situasi, terlebih situasi yang sulit," imbuhnya.


Maka dari itu, tegas Serka Abdul Wahid penting bagi semua pihak untuk mendampingi dan membantu anak - anak supaya kesehatan mentalnya terjaga atau tidak mengalami masalah. (**).