Peduli Kesehatan,TNI Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Warga Yang Terdampak APG Gunung Semeru

Peduli Kesehatan,TNI Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Warga Yang Terdampak APG Gunung Semeru

Suara Satu News
Jumat, 10 Desember 2021

Foto : pemeriksaan warga oleh prajurit TNI


LUMAJANG – (suarasatunews.com) Peduli kesehatan masyarakat terdampak bencana alam Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, Tim Kesehatan TNI melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara door to door pada masyarakat yang ada disekitar tempat bencana, di Dusun Poncokusumo Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (10/12/2021).


Kepala Polkes 05.09.02 Lumajang Peltu Iswahyudin mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk menjaga kondisi kesehatan masyarakat yang dekat dengan lokasi bencana APG, khususnya masyarakat yang tidak mengungsi.


“Ini merupakan salah satu wujud dari upaya kami untuk selalu dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, hal ini dilakukan agar dapat memastikan masyarakat dalam keadaan sehat,” kata dia.


Iswahyudin juga menyampaikan, sesuai dengan Undang-undang TNI Nomor 34 tahun 2004, TNI selain melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP), juga bertugas melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satunya adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.


“Masyarakat sangat antusias mengikuti pengobatan tersebut karena masyarakat sangat membutuhkan obat-obatan, selain pengobatan Tim Kesehatan juga membagikan masker, sehingga protokol kesehatan tetap dilaksanakan,” pungkasnya. (**).