Bareng Bhabinkamtibmas, Babinsa Sumberurip Bina Anggota Linmas Jadi Bagian Pilar Keamanan

Bareng Bhabinkamtibmas, Babinsa Sumberurip Bina Anggota Linmas Jadi Bagian Pilar Keamanan

Suara Satu News
Sabtu, 04 Desember 2021

Foto : pelatihan dan pembinaan pada SKD dan Linmas.


LUMAJANG - (suarasatunews.com) Melibatkan pemerintahan Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Bati Tuud Koramil 0821/14 Pronojiwo Pelda Danang Widiatmoko berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas Briptu Anang, melakukan giat pembinaan pada anggota Linmas ( Perlindungan Masyarakat ) berikut SKD ( Satgas Keamanan Desa ) di lapangan desa setempat, Sabtu (4/12/2021).


Pembinaan itu dilakukan sebagai bentuk pengayoman dam upaya perkuatan di tingkat desa, guna meminimalisir situasi dan kondisi tak baik yang kemungkinan saja terjadi.


Disampaikan oleh Pelda Danang Widiatmoko, Linmas merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial.


Pada sisi aspek penanganan Covid - 19, Linmas dan SKD diharapkan mampu menjadi pendorong, terhadap upaya menertibkan masyarakat pada disiplin protokol kesehatan. Menurutnya, perkuatan lending sektor, akan menunjang perbaikan sendi kehidupan, di segala sisi di bidang kemasyarakatan.


"Linmas kami harapkan mampu menempatkan diri sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya di dalam kehidupan masyarakat. Mampu bersinergi dan berperan aktif, mendukung setiap program - program pemerintah salah satunya saat ini dalam ranah penanganan Covid - 19," kata Pelda Danang.


Diwaktu yang sama, Bhabinkamtibmas Desa Sumberurip Briptu Anang berharap, Linmas juga bisa memacu terciptanya keamanan lingkungan. Semisal kata dia, aktif menjadi promotor terhadap terlaksananya ronda malam atau siskamling.


"Mendorong masyarakat yang lain, untuk jadi pribadi yang peduli pada keamanan lingkungan," terang dia.


Mendasari akan hal itu, Linmas dibekali wawasan, sehingga memiliki prinsip yang teguh, dan turut menjadi bagian dari pilar keamanan. (**).