Terpilih Sebagai Kandidat Pasangan 'Caketos' dan 'Cawaketos' Rofita Amalia dan Riska Amelia Siap Junjung Tinggi Nama Baik Sekolah

Terpilih Sebagai Kandidat Pasangan 'Caketos' dan 'Cawaketos' Rofita Amalia dan Riska Amelia Siap Junjung Tinggi Nama Baik Sekolah

Suara Satu News
Selasa, 02 November 2021

Foto : Pengumuman Debat Pilcakatos Periode 2021 / 2022 di ruang Kelas X MIPA 3 SMAN Klakah. Rabu (3/11/2021).


LUMAJANG - (suarasatunews.com) Ajang perhelatan dalam dunia pendidikan dikalangan Sekolah Menengah Atas, kian mewarnai ranah motivasi prestasi pada diri pribadi siswa maupun siswi. 


Salah satunya saat ini tengah viral di sosial media, ajang pemilihan Calon Ketua OSIS dan Calon Wakil Ketua OSIS di internal SMAN ( Sekolah Menengah Atas Negeri ) Klakah periode tahun 2021 - 2022.


Ada tiga pasangan kandidat dalam ajang pemilihan tersebut, diantaranya : 


1. Muhammad Evan Tegar Saputra dengan Feby kurniawati.


2. Rofita Amalia dengan Riska Amelia Agustin.


3. Shahzanani Auni Nur Lutfiah + Diva Mai Anggraeni.


Urai tersebut diatas, diperoleh dari akun instagram osis_smakla_ yang memajang foto ketiga kandidat calon berikut visi dan misi masing - masing.


Sumber : Instagram osis_smakla

Pasangan no. 2 sempat menjadi nominasi. Pada beranda kolom komentar, ada beberapa akun memberikan dukungan. Memotivasi senada bingkai uraian visi misi yang ada.


Diketahui, pasangan no. 2 yakni Rofita Amalia dengan Riska Amelia Agustin memiliki visi yaitu : 


Menjadikan OSIS sebagai wadah bagi siswa untuk menyalurkan kreatifitas, bakat, dan potensi agar menjunjung tinggi nama baik sekolah dalam prestasi akademik dan non-akademik.


Sementara misinya antara lain :


1. Meningkatkan kedisiplinan siswa SMAN KLAKAH serta membantu sekolah dalam meningkatkan karakter positif siswa.


2. Memajukan kualitas ekstrakurikuler di SMA Negeri Klakah, agar lebih diminati serta meningkatkan potensi dan prestasi.


3. Mengajak siswa - siswi SMA Negeri Klakah untuk selalu menjaga kebersihan sekolah dengan cara melakukan piket di kelas serta mengadakan kerja bakti secara rutin dan berkelanjutan.


Selain visi misi diatas, pasangan ini juga memiliki program kerja yakni mengadakan acara peringatan perayaan keagamaan. Misalnya halal bihalal sekolah sebagai rangkaian hari raya Idul Fitri atau penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha.


Visi misi tersebut dinilai baik oleh sejumlah pihak. Penempatan Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) sebagai wadah penampung atau menyalurkan bakat dan potensi itu dirasa tepat.


"Jika demikian, akan akan terjadi akselerasi dalam peningkatan potensi - potensi yang ada, dalam artian bibit prestasi dari diri masing - masing siswa maupun siswi yang ada. Ketika hal itu ada yang menampung, dan dikolaborasikan secara matang tentu dengan naungan langsung pihak sekolah ini akan menimbulkan suatu capaian ( prestasi dan kemandirian ) di sekolah itu sendiri," ungkap Hermanto, warga Desa Mlawang, yang diketahui turut mengomentari postingan akun instagram osis_smakla_ dengan nama akun masher534.


Disisi lain, ia juga mengapresiasi langkah dari pihak SMAN Klakah yang menurutnya telah menempuh cara terbuka dan transparan, dalam pemilihan Calon Ketua Osis dan Calon Ketua Osis.


"Saya apresiasi. Umpama ini kita ibaratkan sebuah pelihan umum, unsurnya saya rasa sudah memadai. Terbuka, umum dan transparan, imbuhnya. (*).