Polres Lumajang Ikuti Upacara Hari Pahlawan Secara Virtual

Polres Lumajang Ikuti Upacara Hari Pahlawan Secara Virtual

Suara Satu News
Rabu, 10 November 2021

Foto : sumber Humas Polres Lumajang.


LUMAJANG - (suarasatunews.com) Serentak, hampir semua unsur dan elemen masyarakat mengikuti adanya upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar secara virtual, dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo terpusat di Taman Pahlawan Kalibata Jakarta pada Rabu, 10 November 2021.

Upacara peringatan itu, memperingati peristiwa besar yang terjadi di Surabaya pada 10 November 1945, silam. Kala itu, semua masyarakat bersatu padu melawan keberadaan Inggris.


Latar belakang pertempuran itu, adalah pengibaran bendera Belanda di Hotel Yamato pada tanggal 18 September 1945.


Pertempuran Surabaya, adalah perang pertama bangsa Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Pertempuran itu, kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.


Demikian dijelaskan Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. usai upacara secara virtual di Ruang Eksekutif Polres Lumajang.


“Upacara itu, merupakan wujud penghormatan kita sebagai generasi penerus bangsa kepada para Pahlawan yang rela mengorbankan apapun demi kedaulatan dan kemerdekaan bangsa,” ujar Kapolres.


Kapolres menyebut, dari peristiwa 10 November 1945, masyarakat harus bisa belajar betapa pentingnya memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam menghadapi ancaman apapun. 


“Sebab, Persatuan dan Kesatuan itu warisan dari leluhur bangsa. Itu sudah menjadi budaya bangsa Indonesia,” pungkasnya.


Ia berharap, dengan adanya momentum peringatan Hari Pahlawan kali ini, masyarakat, khususnya para pemuda bisa meneruskan perjuangan para Pahlawan, terutama dalam berkontribusi positif di masyarakat. 


“Kita hanya meneruskan, apa yang sudah diperjuangkan oleh Pahlawan. Nah, sekarang tugas kita hanya mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” bebernya.


"Hal yang bernilai perjuangan tidak harus besar, seperti pada tema kali ini Pahlawanku Inspirasiku, bisa saya contohkan, kita sadar pentingnya vaksin dan menerapkan prokes, sudah bagian dari berjuang menyelamatkan bangsa ini dari pandemi covid 19, mungkin kita ajak atau kita antar keluarga kita untuk vaksinasi, itu juga bagian dari berjuang, dan banyak lainnya, untuk itu tetap semangat patuhi prokes" pungkas Kapolres. 


Tidak hanya di Polres Lumajang, namun kali ini upacara peringatan Hari Pahlawan, juga dilaksanakan di seluruh Polsek jajaran Polres Lumajang. (**)