Masyarakat Yang Sudah Vaksin, Diimbau Turut Jadi Bagian Menyampaikan Kabar Baik Bagi Yang Lain

Masyarakat Yang Sudah Vaksin, Diimbau Turut Jadi Bagian Menyampaikan Kabar Baik Bagi Yang Lain

Suara Satu News
Minggu, 07 November 2021

Foto : tim


LUMAJANG - (suarasatunews.com) Babinsa Kaliboto Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto Sertu Samsuliadi Dwi Purwanto, mendampingi pelaksanaan vaksinasi Covid - 19 di Posyandu Flamboyan Dusun Petung Jaya Desa Kaliboto Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Sabtu (7/11/2021).



Ada sebanyak 138 warga setempat mendapatkan vaksin Covid - 19 saat itu, tercatat pada tahapan vaksinasi tahap 1 dosis Sinovac.



Sertu Samsuliadi Dwi Purwanto berharap, masyarakat yang sudah melaksanakan vaksinasi agar turut menjadi sarana informasi bagi masyarakat yang lain, jika vaksin Covid - 19 itu aman dan halal.



"Dalam pelaksanaan vaksinasi masyarakat tidak serta merta disuntik vaksin oleh tim vaksinator. Proses dilaksanakan awal dari pendaftaran peserta vaksin, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis atau konsultasi jika masyarakat mengalami atau mempunyai penyakit bawaan. Kemudian setelah itu jika tim medis menyatakan salah seorang tersebut dinyatakan layak vaksin, maka barulah dilakukan penyuntikan vaksin. Setelah itu juga masih ada tahapan lagi namanya observasi pasca vaksinasi, yaitu pengawasan berkaitan jika timbul gejala pasca penyuntikan vaksin," ungkap Sertu Samsuliadi.




"Jadi dalam hal ini, masyarakat sebenarnya berada pada perlindungan total. Bagi masyarakat yang sudah melaksanakan vaksin, kami harap turut menyampaikan pada yang lain bahwasanya vaksin Covid - 19 aman. Simpelnya, apa yang dialami dan dirasakan saat vaksinasi dan sesudahnya, ceritakan," imbuh dia lanjut.



Hal tersebut diharapkan akan mengurangi rasa khawatir atau was - was, terutama bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi.



Selebihnya diharapkan, bagi yang sudah vaksinani, untuk tetap melaksanakan protokol Kesehatan sebagai penunjang tercapainya ketahanan tubuh secara maksimal. (*).