Kejar Target Vaksinasi Sepekan, Dandim 0821 Bentuk Timsus Door to Door

Kejar Target Vaksinasi Sepekan, Dandim 0821 Bentuk Timsus Door to Door

Suara Satu News
Kamis, 18 November 2021

Foto : tim /pendim 0821.

LUMAJANG – (suarasatunews.com) Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf Andi A. Wibowo, S.Sos., M.I.Pol. mengatakan, bahwa dalam tujuh hari ke depan, capaian pelayanan vaksinasi COVID-19 harus memenuhi target, agar status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Lumajang dapat turun menjadi level satu.


“Dalam waktu tujuh hari, pelayanan vaksinasi COVID-19 harus dapat memenuhi target, agar status PPKM di Kabupaten Lumajang dapat segera turun menjadi level satu,” kata dia saat memberikan arahan dalam rapat koordinasi dan evaluasi percepatan vaksinasi COVID-19 bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan diikuti oleh para Camat, Danramil, Kapolsek dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lumajang, yang bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (18/11/2021).


Andi juga mengatakan, bahwa saat ini cakupan vaksinasi Kabupaten Lumajang masih 52,12% dari target 70% untuk umum, sedangkan untuk lanjut usia (lansia) masih 27,11% dari target 60%. Untuk itu, diperlukan strategi khusus untuk mewujudkan pencapaian target tersebut, salah satunya dengan menyiapkan tim khusus untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat secara langsung dari rumah ke rumah (door to door).


“Kita akan bentuk tim khusus untuk memberikan pelayanan vaksinasi secara door to door kepada masyarakat, agar pencapaian target selama tujuh hari ke depan dapat terpenuhi,” katanya.


Sementara itu Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan, bahwa saat ini capaian vaksinasi Covid-19 Kabupaten Lumajang masih tergolong rendah, sehingga dirinya meminta agar masing-masing pemangku wilayah saling berkoodinasi untuk melakukan langkah percepatan.


Thoriq menegaskan, bahwa stok dosis vaksin di Kabupaten Lumajang masih tercukupi, sehingga tidak ada lagi alasan keterbatasan vaksin saat memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat.


"Vaksin tersedia, tidak ada lagi alasan kekurangan vaksin atau kuota terbatas, ini penting dipahami, jangan sampai ada miss komunikasi lagi," ujarnya


Dalam kegiatan tersebut Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. kembali menegaskan, bahwa segala persiapan telah dilakukan untuk menembus target level I PPKM yang ditelah ditargetkan Pemerintah Kabupaten Lumajang.


"Bagaimana kita berkoordinasi untuk mencapai target tersebut, vaksin sudah ada, strategi ada, dan sasaran juga ada, kita tinggal maksimalkan," tegasnya. (**)