Disiplinkan Masyarakat, TNI Polri Libatkan SKD di Sumberrejo Lumajang Rutin Gelar Operasi Gaktib Prokes

Disiplinkan Masyarakat, TNI Polri Libatkan SKD di Sumberrejo Lumajang Rutin Gelar Operasi Gaktib Prokes

Suara Satu News
Senin, 08 November 2021

Foto : tim


LUMAJANG - (suarasatunews.com) TNI dan Polri di wilayah Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, rutin melaksanakan giat penegakan disiplin (gaktib) dengan melibatkan SKD (Satgas Keamanan Desa), dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19 di wilayah.


Meski malam hari, petugas bersama unsur masyarakat menyerukan, agar kepatuhan terhadap prokes di masa pandemi saat ini, menjadi prioritas, Minggu (7/11/2021).


Hal itu dimaksudkan, agar pengamanan Covid-19 senantiasa bisa dipercepat, dengan minimalisir dini (patuh dan tertanam) pada pribadi masyarakat itu sendiri.


Bati Tuud Koramil 0821/09 Candipuro Pelda Baidlowi Abdullah, mewakili Komandan Koramil berkata, keselamatan masyarakat adalah amanah yang dijunjung tinggi. Oleh karenanya, langkah dan upaya berkaitan dengan hal tersebut, hingga saat ini ditempuh dan dioptimalkan.


"Kami TNI (Tentara Nasional Indonesia,red) bersama Polri dengan melibatkan unsur masyarakat dalam hal ini SKD, terus bersinergi menggugah kesadaran masyarakat, bahwasanya pandemi Covid-19 belumlah usai. Maka, sebagai wujud dan pencegahan dini, diri masyarakat itu seyogyanya tertib dan menaati aturan yang sudah diberlakukan. Diantaranya protokol kesehatan 5 M dan PPKM dalam upaya mencegah kerumunan dengan mengurangi mobilitas, ini haruslah dimengerti," kata Baidlowi.


Protokol kesehatan 5 M ia definisikan meliputi diantaranya memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan mencegah terjadinya kerumunan serta mengurangi mobilitas dengan tidak keluar rumah kecuali ada kepentingan.


"Jika masyarakat patuh, maka semu sisi akan terakomodir. Dan tingkat penyebaran akan bisa ditekan. Harapannya pandemi ini akan sesegera mungkin bisa kita lewati bersama dan tetap ada dalam kondisi kita semua sehat," imbuhnya. (**).