Fantastis ! Warga Lumajang Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Hari Ulang Tahun TNI ke 76

Fantastis ! Warga Lumajang Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Hari Ulang Tahun TNI ke 76

Suara Satu News
Rabu, 06 Oktober 2021

Foto : Pendim 0821.

LUMAJANG - (suarasatunews.com) Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 76 tahun 2021 sekaligus Vidcon bersama Forkopimda Provinsi Jatim melibatkan Forkopimda Kota/Kabupaten se-Jatim tentang vaksinasi jenis Sinovac tahap satu (1) dan dua (2) bagi masyarakat umum, lansia dan pelajar, Kodim menggelar kegiatan serbuan vaksin di Puskesmas Rogotrunan Kecamatan / Kabupaten Lumajang, Selasa (5/10/2021).


Tim Vaksinasi saat itu berasal dari Polkes 05.09.02 Lumajang, dipimpin oleh dr. Reza Ridho Firmansyah dan vaksin harian oleh Tim Dinkes Kabupaten Lumajang.


Dihari yang sama, kegiatan serupa juga digelar di SMK Muhammadiyah Jalan Letkol Slamet Wardoyo Desa Labruk Lor Kecamatan / Kabupaten Lumajang.


Dandim menyapa petugas vaksin

Turut hadir dalam kegiatan, pemimpin Forkopimda Kabupaten Lumajang diantaranya Bupati Lumajang Thoriqul Haq berikut OPD berkaitan, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno berikut anggota, Dandim 0821 Letkol Andi A Wibowo S.Sos M.I.Pol berikut anggota, Forkopimcam Lumajang, Pemdes Labruk Lor dan pengurus sekolah tempat berlangsungnya kegiatan vaksinani.


Dandim 0821 Letkol Inf Andi A Wibowo berkata, kegiatan terlaksana berkat sinergitas yang kuat antara pihaknya bersama Polri (Polres Lumajang) didukung pemerintah daerah. Ia berharap, kegiatan yang dilaksanakan akan mendorong percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lumajang.


Senada, Bupati Lumajang mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sangat antusias melaksanakan vaksinasi. Diharapkan setelah dilaksanakan vaksinasi masyarakat lebih kuat dan sehat.


Kegiatan itu juga dimonitoring langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Melakukan video conference, Gubernur turut berharap, serbuan vaksinasi dalam rangka HUT TNI ke 76 Th 2021 semoga dapat berjalan lancar dan tertib diharapkan Provinsi Jatim mencapai heard Immunity.


"Kami, juga mengimbau warga agar senantiasa tetap menerapkan protokol kesehatan 3M memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin menggunakan air mengalir yang wajib dilakukan oleh seluruh warga, termasuk yang sudah disuntik vaksin guna memutus rantai penyebaran pandemi virus Covid-19," tutur Khofifah.


Tercatat, sekali pelaksanaan, peserta Vaksinasi Covid-19 Jenis Sinovac diwilayah Kecamatan Lumajang yang tervaksin, berjumlah 1412 orang pada tahap satu (1) dan dua (2).


Perseta vaksinani mengikuti serangkaian mekanisme diantaranya, pendaftaran peserta vaksinani, dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi darah, saturasi oksigen, denyut nadi, suhu tubuh dan konsultasi riwayat penyakit oleh dokter apabila pernah menderita sakit tertentu ( rekam medis ).


Pasca dinyatakan layak vaksin, selanjutnya dilakukan suntik vaksin sesuai tahapan, dan sesudahnya, ada tahapan observasi selama sekira 30 menit, antisipasi apabila penerima vaksin mengalami gejala gejala seperti terjadinya pusing, mual, kejang dan lain - lain. (tim).