Cek Kesehatan Warga Kontak Erat Dengan Pasien Covid-19, Cegah Dini Penyebaran dan Dampak

Cek Kesehatan Warga Kontak Erat Dengan Pasien Covid-19, Cegah Dini Penyebaran dan Dampak

Suara Satu News
Sabtu, 21 Agustus 2021

Salah satu warga diperiksa tim medis 

LUMAJANG - (suarasatunews.com) Personil TNI Koramil Sumbersuko Lumajang, mendampingi giat tracing dan screening (tes kesehatan) pada warga yang diketahui ada kontak erat dengan pasien Covid - 19 di Desa Grati, Sabtu (21/8/2021).

Secara berkala dan masif, prajurit TNI bersama timkes dan stakeholder terkaiti mengantisipasi, sebagai wujud upaya pencegahan dini, terhadap penyebaran virus Covid - 19.

Babinsa Grati Sertu Nuryahya, menjelaskan, kegiatan saat itu terpusat pada pemeriksaan suhu badan. Jika diketahui ada indikasi atau sudah terpapar Covid - 19, maka akan segera mendapatkan penanganan,

"Selain melakukan cek kesehatan, diwaktu yang sama kami turut memberikan sosialisasi. Agar masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat ditengah masa pandemi saat ini," terang Sertu Nuryahya.

Imbuh Sertu Nuryahya, kegiatan serupa juga dilakukan diwaktu sebelum dengan melibatkan lintas sektoral, diantaranya bersama Polri dan tenaga medis sebagai wujud sinergitas, secara rutin melakukan metode - metode penanganan Covid - 19.

Selain itu, saat itu petugas memberikan pemaparan pada warga, tentang penerapan pola hidup sehat.

"Pola hidup sehat itu definisinya bertumbuh pada protokol kesehatan. Dengan membiasakan mencuci tangan dengan air mengalir, memakai masker saat berkegiatan diluar rumah, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilisasi," pungkasnya. (tim).