Babinsa Melaksanakan Pendampingan Kegiatan Serbuan Vaksianasi Covid-19 di Puskesmas Sumbersari

Babinsa Melaksanakan Pendampingan Kegiatan Serbuan Vaksianasi Covid-19 di Puskesmas Sumbersari

Suara Satu News
Selasa, 31 Agustus 2021

Foto : tim

LUMAJANG - (suarasatunews.com) Dalam rangka mendukung serbuan Vaksinasi Covid-19 Babinsa Koramil 0821/16 Rowokangkung Desa Sumbersari melaksanakan kegiatan pengamanan Vaksinasi covid-19 kepada warga masyarakat.


Kegiatan vaksinasi untuk masyarakat dilaksanakan di Puskesmas Sumbersari Dusun Selok Ondung, Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Selasa (31/8/2021).


Babinsa Desa Sumbersari Sertu Maer Iswanto mengatakan, vaksinasi yang dilakukan untuk masyarakat menggunakan dosis 1 jenis Astra Zeneca dan Dosis 3 jenis Moderna untuk Nakes Puskesmas Sumbersari dan Bidan Desa di Kecamatan Rowokangkung.


"Ada 50 Dosis 1 dan 10 Dosis 3 yang sudah disuntikan kepada masyarakat dan Nakes Kecamatan Rowokangkung," ujarnya.


Sertu Maer Iswanto menghimbau, kepada masyarakat jangan takut divaksin karena vaksin aman dan halal. Untuk masyarakat yang ingin mengikuti vaksin bisa mendaftarkan dirinya kepada Kader atau Bidan Desa yang ada diwilayah agar diatur jadwalnya agar tidak terjadi penumpukan.


"Semua berharap program nasional dapat terselenggara dengan aman dan sukses,” tuturnya.


Sementara, Kepala Puskesmas Gim Tatik, S. Kep. Ners mengatakan, pelaksanaan kegiatan pemberian suntik Vaksin Covid-19 mengatakan dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan serta mengikuti prosedur tahapan, vaksinasi Astra Zeneca yang diberikan sebanyak dua kali dengan waktu jeda yg sudah ditentukan setelah menerima suntik vaksin pertama atau setelah menerima pesan SMS dari Cool center 119, Proses pemberian vaksin harus melalui empat tahapan.


"Pertama untuk masyarakat yang akan daftar sesuai dengan KTP, skrining riwayat penyakit, tensi darah, suhu tubuh oleh Dokter sebelum menerima suntik vaksin, kemudian setelah Suntik vaksin warga harus menunggu selama tiga puluh menit untuk mengetahui perkembangan tubuh, setelah waktu tunggu 30 menit selesai, warga menerima surat bukti telah di vaksin," jelasnya. (tim)