Babinsa Jatiroto Imbau Masyarakat untuk Tak BAB Sembarang Tempat

Babinsa Jatiroto Imbau Masyarakat untuk Tak BAB Sembarang Tempat

Suara Satu News
Rabu, 28 Juli 2021

Foto : tim.

LUMAJANG - (suarasatunews.com) Babinsa Jatiroto Koramil 0821/12 Jatiroto Serda Agus Budi, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak Buang Air Besar (BAB) sembarang tempat, karena akan berdampak pada evolusi lingkungan yang kurang sehat dan dapat menimbulkan penyakit pada warga.

Hal tersebut dikatakannya saat kegiatan karya bakti pembuatan sanitasi umum bersama Aparatur Desa dan masyarakat, di Dusun Kotokan RT 004 RW 008 Desa Jatiroto Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (28/7/2021).

Agus Budi juga mengatakan, bahwa pembutan sanitasi tersebut terselenggara karena empati dan kepedulian pemerintah desa, terhadap warga yang belum mempunyai Water Closet (WC).

“Masyarakat diharapkan dapat menjaga dan merawat sanitasi yang sudah ada ini, dengan selalu menjaga kebersihannya sehingga sanitasi dapat berfungsi dengan waktu yang lama,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga berpesan kepada warga agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, baik secara perorangan maupun untuk lingkungan dengan di buatnya sanitasi umum ini, diharap tidak ada lagi warga yang buang hajat di sungai atau sembarang tempat.

Sementara itu, Kepala Desa Jatiroto Nujum menerangkan, bahwa melalui program sanitasi tersebut mengutamakan kepedulian pada sesama terlebih lingkungan yang membutuhkan fasilitas umum, yang manfaatnya sangat besar bagi warga yang belum mempunyai WC.

Lanjut dia, pembangunan tersebut dilaksanakan secara secara gotong royong, oleh warga setempat untuk mempercepat dan meminimkam biaya pembangunan. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya bantuan itu, dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan WC umum.

“Semoga dengan adanya pembuatan sanitasi yang diperuntukan untuk umum dapat menjadi inspirasi bagi warga akan pentingnya hidup bersih sehingga kesehatan tetap terjaga serta lingkungan menjadi asri dan bersih,” pungkasnya. (Fj).