Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian Dengan Melakukan RJIT

Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian Dengan Melakukan RJIT

Suara Satu News
Senin, 05 April 2021

Rehabilitasi Jaringan Irigrasi Tersier (RJIT), diwilayah Tani Sumber Rejeki III, di Dusun Dadapan Desa Jambearum Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Guna meningkatkan hasil produksi pertanian perlu dibantu dengan adanya kebutuhan air yang cukup dan merata, sehingga hasil pendapatan petani dapat meningkat dan bisa dirasakan oleh masyarakat Desa Jambearum secara langsung.

Hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Jambearum Koramil 0821/17 Pasrujambe, Sertu Hartono saat mendampingi Dinas Pertanian Pasrujambe melaksanakan Rehabilitasi Jaringan Irigrasi Tersier (RJIT), diwilayah Tani Sumber Rejeki III, di Dusun Dadapan Desa Jambearum Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/4/2021).

Hartono pada saat kegiatan mengatakan, RJIT ini bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan air bagi lahan pertanian yang ada di Desa Jambearum, sehingga proses tanam sampai panen tidak mengalami kendala dengan hasil yang lebih meningkat.

“Kami mengharap kepada para petani untuk ikut menjaga dan memelihara irigasi tersier yang sudah dibangun ini, agar air dapat mencukupi lahan sawah yang akan ditanami, sehingga dapat menunjang suksesnya Program Ketahanan Pangan Nasional sesuai dengan harapan pemerintah,” ujar dia.

Sementara itu Kepala Desa Jambearum, Samsul menyampaikan, bahwa pelebaran saluran air sepanjang 150 meter tersebut, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air di lahan sawah petani. 

“Dengan dibangunnya saluran air tersebut sawah akan terpenuhi airnya sehingga hasil produksi pertanian dapat meningkat serta dapat menunjang suksesnya Program Ketahanan Pangan Nasional,” pungkasnya. (Fj).