Satgas Bantuan Kesehatan TNI Berikan Layanan Kesehatan bagi Warga Terdampak Bencana di Desa Kaliuling Lumajang

Satgas Bantuan Kesehatan TNI Berikan Layanan Kesehatan bagi Warga Terdampak Bencana di Desa Kaliuling Lumajang

Suara Satu News
Kamis, 15 April 2021

Pemeriksaan kesehatan warga terdampak gempa


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Pasca gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) lalu, banyak bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada korban, salah satunya yang dilakukan oleh Poliklinik Kesehatan (Polkes) 05.09.02 Lumajang yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada korban bencana yang berada di Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (15/4/2021).

Kepala Polkes 05.09.02 Lumajang Peltu Iswahyudin saat kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa pelayanan kesehatan yang dilakukannya merupakan salah satu wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat, khususnya korban bencana alam gempa bumi di Desa Kaliuling.

Lanjut dia, tidak hanya sebagai wujud kepedulian, kegiatan yang dilakukannya juga bertujuan untuk menjaga kesehatan serta memberikan dukungan moril kepada korban bencana.

“Tidak hanya bantuan kemanusiaan saja yang diperlukan, tetapi dukungan moril juga sangat diperlukan oleh masyarakat terdampak bencana alam,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Iswahyudin, bahwa saat ini masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Untuk itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), khususnya yang berada di lokasi pengungsian.

Dia berharap, dengan tetap diterapkannya prokes di lingkungan pengungsian, tidak timbul klaster baru penyebaran Covid-19, sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru pasca terjadinya bencana.

“Terjaganya kesehatan para korban terdampak bencana sangat penting untuk dilakukan, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini, agar tidak menjadi claster baru di lingkungan pengungsian,” pungkasnya. (Phie).