Peduli Kesehatan, Satgas Bantuan Kesehatan TNI Berikan Layanan Pengobatan Massal

Foto : Pendim 0821


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat yang terdampak gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) lalu, Satgas Batuan Kesehatan TNI melaksanakan pengobatan massal kepada korban bencana gempa yang berada di Dusun Iburaja Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (17/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Polkes 05.09.02 Lumajang Peltu Iswahyudin mengatakan, bahwa pelayanan kesehatan yang dilakukannya merupakan salah satu wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat, khususnya korban bencana alam gempa bumi di Desa Kaliuling.

"Pelaksanaan pengobatan massal ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian TNI untuk meringankan beban serta mengatasi masalah kesehatan masyarakat di tempat pasca gempa," kata dia.

Lebih lanjut, Iswahyudin menyampaikan, dalam pengobatan massal yang dilaksanakan tersebut, pemeriksaan pasien di fokuskan pada pengobatan penyakit akibat gempa antara lain Diare, Asma dan Penyakit umum masyarakat lainnya.

“Sebagian besar masyarakat yang diobati mengalami beberapa keluhan penyakit seperti pusing,  batuk pilek dan beberapa luka ringan. Sedangkan untuk korban yang mengalami luka berat dan dirujuk ke posko kesehatan yang telah disiapkan,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Iswahyudin, tidak hanya pengobatan massal, nantinya pelayanan kesehatan juga akan diberikan secara berkeliling ke rumah-rumah warga yang terdampak.

"Banyak wilayah yang sarana kesehatan cukup jauh, sehingga ini menjadi kewajiban Satgas Bantuan Kesehatan TNI untuk mendatangi dan memberikan layanan kesehatan langsung kepada warga yang terdampak gempa bumi," pungkasnya (By).

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.