Pasca Gempa, TNI di Lumajang Terus Bantu Masyarakat Terdampak Bencana

Foto : Pendim 0821


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Upaya penanganan pasca gempa magnetido yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) lalu di beberapa wilayah Kabupaten Lumajang, masih terus dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama dengan aparatur, relawan dan masyarakat, di Desa Wonocempokoayu Kecamayan Senduro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (30/4/2021).

Plh. Danramil 0821/03 Senduro, Kapten Inf Sri Hariyanto menyampaikan, bahwa gempa bumu magnetido yang terjadi pada waktu lalu, telah menyebabkan kerusakan di beberapa daerah di Kabupaten Lumajang, salah satunya wilayah Kecamatan Senduro.

Sri Hariyanto juga menyampaikan, bahwa sebagai bagian dari aparatur kewilayahan yang bertugas melaksanakan pembinaan wilayah, pihaknya juga berkewajiban membantu pemerintah daerah dalam menangani akibat bencana alam.

"Sesuai dengan Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, selain melaksanakan OMP (Operasi Militer Perang, red), TNI juga melaksanakan OMSP (Operasi Militer Selain Perang, red), yang dalah satunya memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dalam menangani akibat nemcana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kebiasaan," ujarnya.

Selain itu, dikatakan Sri Hariyanto, bahwa pasca bencana alam gempa magnetido tersebut, pihaknya bersiaga penuh untuk membantu masyarakat terdampak melalui Babinsa di wilayah, yang bekerja sama dengan aparatur desa, relawan dan petugas terkait.

Lanjut dia, bahwa saat ini penanganan dititikberatkan pada pembersihan rumah warga yang terdampak bencana, sehingga dapat mempercepat proses relokasi lokasi terdampak gempa tersebut.

"Bersama relawan dan masyarakat, saat ini kita melaksanakan pembersihan rumah Nawi, warga Desa Wonocempokoayu, dan nantinya proses relokasi dengan dana swadaya aparatur desa dan masyarakat setempat," pungkasnya. (Phie).

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.