Koramil 0821/04 Gucialit dan Relawan Berikan Trauma Healing bagi Korban Bencana Gempa

Koramil 0821/04 Gucialit dan Relawan Berikan Trauma Healing bagi Korban Bencana Gempa

Suara Satu News
Minggu, 25 April 2021

Upaya menghilangkan dampak trauma pada anak terdampak gempa


LUMAJANG - (suarasatunews.com) Pendim 0821 - Guna membantu masyarakat dari rasa trauma khususnya pada anak, Koramil 0821/04 Gucialit bersama Tim Gabungan Trauma Healing dari para relawan memberikan Trauma Healing bagi anak-anak korban bencana gempa, bertempat di SDN Kertowono 4 Desa Kertowono Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Sabtu (25/4/2021) 

Danramil 0821/04 Gucialit Kapten Inf Busron, saat kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan terapi ini diberikan agar masyarakat korban gempa, khsususnya anak-anak tidak trauma dan terganggu secara psikis yang ditimbulkan akibat gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) lalu. 

Menurutnya, trauma healing dapat memberikan bantuan dalam mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu korban bencana alam, khususnya anak-anak. 

"Jadi, pasca-gempa tentu menimbulkan rasa traumatik yang menyelimuti mental korban terdampak, apalagi pada mereka yang masih anak-anak, hal ini karena mereka belum mampu mengontrol emosi sepenuhnya," kata dia. 

Ia menambahkan, pemberian trauma healing yang diikuti oleh puluhan anak-anak untuk dapat mengembalikan senyum dan keberanian korban pasca terjadi bencana alam, sehingga ke depannya dapat kembali menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal. 

"Jadi kita memulihkan psikis masyarakat, khususnya anak-anak agar dapat kembali ceria dan melakukan aktivitas sehari hari tanpa dihinggapi rasa was was dan takut, pasca gempa yang merusak rumah mereka. Mudah mudahan peristiwa mencekam tersebut dapat hilang dari memori ingatan mereka secara perlahan,” pungkasnya. (By).