Kapolres Lumajang Apresiasi Jelajah Kopi Nusantara

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seni ( 4 dari kiri).


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
KapolresLumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq menerima kunjungan Tim Jelajah Kopi Nusantara di Gazebo Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Jumat (9/3/2021).

Kedatangan Tim Jelajah Kopi Nusantara ke Lumajang dipimpin Ahmad Bahar untuk melakukan audiensi dengan Kapolres Lumajang dan Bupati Lumajang.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengapresiasi Jelajaah Kopi Nusantara. Ia mengatakan, minum kopi tidak mengenal strata sosial dan bisa dinikmati semua kalangan.

"Filosofi kopi itu sangat luar biasa jika kita membuka ruang lebih luas lagi baik secara ekonomi dan bisnis,” ungkapnya.

Selain itu, Kapolres berharap Kopi Lumajang semakin dikenal oleh masyarakat luas.

"Kami bersama Pemerintah Kabupaten Lumajang mengajak para penggerak UMKM untuk berinovasi dalam memasarkan produk, khususnya kopi," jelas Eka Yekti.

Sementara Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan, Dengan proses pembuatan kopi secara tradisional, maka hal itu nantinya akan dapat menghasilkan kualitas kopi yang berbeda, antara kopi hasil produksi pabrikan yang menggunakan berbagai macam teknologi, dengan kopi yang dibuat secara tradisional oleh para petani kopi, mulai dari tanam yang organik sampai cara goreng kopinya masih tradisional.

Kemudian, Kopi yang diolah dengan cara fermentasi itu, biasanya dari kopi Robusta. Sebab cita rasa yang dikandung diyakini lebih segar. "Kalau ini pakai Robusta lebih seger," terang dia. 

Ahmad Bahar dari Jelajah Kopi Nusantara mengungkapkan, bahwa tujuan kegiatan tersebut yakni mencari bahan dalam rangka menulis buku ensiklopedi tentang kopi nusantara.

"Tujuan kami di lumajang, yakni minta informasi dari Bupati, dan juga mencari data langsung kelapangan, nanti usahakan bisa datang ke kebun kopi yang di fasilitasi oleh dinas pertanian," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk mencari pengetahuan tentang kopi Nusantara, dan ini sudah berjalan hampir satu bulan lebih.

"Team Nusantara sudah berjelajah di beberapa daerah di Indonesia, diantaranya adalah Sukabumi, Cianjur, Kudus, Tasikmalaya dan Kediri," pungkas Ahmad Bahar. 

Sumber ( Humas ).

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.