Bawa Alat Berat, Prajurit TNI Robohkan Rumah Terdampak Gempa

Suasana saat kegiatan


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Untuk mempercepat proses rekonstruksi pasca bencana gempa bumi, Personel Kodim 0821/Lumajang operasikan Alat Berat untuk merobohkan sejumlah rumah yang terdampak gempa bertempat di Dusun Halimo Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Minggu (18/4/2021).

Bati Puanter Sterdim 0821/Lumajang Peltu Ocik Ahmadi saat ditemui di lokasi tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya bersama Satgas Tanggap Bencana dan masyarakat terus melaksanakan pembersihan rumah terdampak bencana gempa bumi.

Lanjut dia, turut serta membantu penanganan akibat bencana alam yang terjadi di wilayah, merupakan tugas dan tanggung jawab TNI, sesuai dengan yang tertuang dalam Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004.

"Memasuki hari ke 9 (sembilan), kita Tim Satgas (Satuan Tugas) bencana terus berupaya melaksanakan pembersihan lokasi terdampak baik menggunakan alat berat maupun alat sederhana, sehingga proses relokasi rumah warga yang terdampak bencana dapat segera dilaksanakan," ujarnya.

Selain itu, disampaikan Ocik, bahwa terdapat 7 alat berat yang diterjunkan ke lokasi terdampak, selain dari Yon Zipur 5/ABW, juga berasal dari PT Pindad, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Kabupaten Pronolinggo dan masyarakat setempat.

Dia berharap, dengan adanya alat berat tersebut, proses penanganan pasca gempa dapat berjalan dengan cepat dan lancar, sehingga dapat menunjang percepatan relokasi wilayah terdampak.

"Semoga proses penanganan pasca gempa di wilayah Kabupaten Lumajang dapat berjalan dengan lancar, sehingga proses relokasi dapat segera dilakukan," pungkasnya. (By).

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.