Babinsa Kenongo Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Pohon Produktif

Foto : Pendim 0821


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Dalam mendukung Program Ketahananan Pangan dan Penghijauan, Babinsa Kenongo Koramil 0821/04 Gucialit mengajak masyarakat peduli lingkungan dengan bergotong-royong menanam pohon produktif.

"Hari ini secara bergotong royong, kami melakukan penanaman pohon produktif dari berbagai jenis bibit sebanyak 110 batang pohon," kata Babinsa Kenongo Serda Budi Hartawan saat melaksanakan kegiatan penanaman pohon produktif di sepanjang jalan yang ada di Dusun Margodadi Desa Kenongo Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Minggu (11/4/2021).

Budi juga menyampaikan, bahwa penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara nyata dan berkelanjutan guna menangani krisis lingkungan, karena begitu pentingnya sehingga penghijauan juga merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Menurutnya, penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berfungsi sebagai penyanggah dan kerindangan pohon dapat sebagai peneduh dari panasnya sinar matahari.

"Melalui penghijauan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam. Menanam pohon sama juga dengan menghijaukan kembali alam, dengan demikian lingkungan akan menjadi sejuk, segar dan asri serta hasil dari tanaman produktif tersebut nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kenongo Warjoyo, mengatakan bahwa tujuan penanaman pohon ini adalah untuk memberikan rasa nyaman dan sejuk kepada para pengguna jalan di sepanjang jalan yang ada di Dusun Margodadi Desa Kenongo.

Selain itu, dikatakannya, betapa pentingnya penanaman pohon, selain untuk paru-paru udara dalam menyerap polusi, akar pohon itu sendiri dapat menahan air supaya tidak langsung hilang.

“Kegiatan ini difokuskan pada tanaman produktif yaitu kelengkeng 30 pohon, jambu 20 pohon, matoa 10 pohon, sirsat 20 pohon dan nangka 30 pohon. Semoga dengan penghijau daerah kami menjadi teduh, tertata indah dan tampak asri,” pungkasnya. (By)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.