TNI, Polri dan Pemda Lakukan Tracking dan Tracing pada Aktivitas Transportasi Umum di Lumajang

TNI, Polri dan Pemda Lakukan Tracking dan Tracing pada Aktivitas Transportasi Umum di Lumajang

Suara Satu News
Senin, 08 Februari 2021

Pemeriksaan oleh tim medis pada salah seorang penumpang angkutan umum


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lumajang, Tiga Pilar melaksanakan tracking dan tracing kepada sopir, kondektur, kernet dan penumpang bus antar kota secara acak di terminal Minak Koncar Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Senin (8/2/2021).

Bupati Lumajang memberikan masker penumpang angkutan umum


Dalam kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0821/Lumajang Letkol Inf Andi A. Wibowo, S. Sos., M.I.Pol., menyampaikan bahwa Kodim 0821/Lumajang akan terus berkolaborasi dengan instansi lain yang terkait untuk bekerja mengantisipasi dan mengurangi penyebaran covid-19 di Kabupaten Lumajang 

"Kita selaku aparat kewilayahan akan selalu aktif baik dengan kegiatan ini ataupun kegiatan lainnya seperti operasi yustisi protokol kesehatan yang dilaksanakan setiap hari di setiap tempat tempat keramaian" ucapnya. 

Dirinya juga mengatakan bahwa pelaksanakan kegiatan tracking, tracing dan testing nantinya tidak akan terjadwal dan dilaksanakan secara acak di tempat-tempat keramaian. 

"Kegiatan hari ini adalah sampel atau contoh untuk mendeteksi orang yang keluar masuk Lumajang, sehingga didapatkan data tentang penyebaran covid-19," ujarnya 

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengatakan, bahwa kegiatan tracking dan tracing yang dilaksanakan saat ini adalah hasil pembahasan internal guna menekan penyebaran covid-19, salah satu titiknya adalah di terminal minak koncak Kabuoaten Lumajang. 

"Saya bersama seluruh Forkopimda memastikan bahwa seluruh akomodasi yang melayani transportasi antar kabupaten ini betul-betul aman dari covid-19, karena itu hari ini rapid test antigennya kepada salah satu sopir, kondektur, kernet dan termasuk juga secara acak kepada para penumpang", ujarnya 

Lebih lanjut, Cak Thoriq menjelaskan bahwa perkembangan covid-19 di Kabupaten Lumajang sudah mulai berangsur menurun dengan indikator data angka kesembuhan yang semakin tinggi dan data yang terkonfirm positifnya semakin sedikit. 

"Saat ini Kabupaten lumajang sudah di zona orange tapi orange yg menuju ke arah kuning, ini kondisi orange yang baik dan harus tetap kita pertahankan. Semoga dengan langkah-langkah prefentif ini, Kabupaten Lumajang segera di zona kuning", pungkasnya. (By).