Masyarakat Diharapkan Bangun Kesepahaman Bersama untuk Memajukan Desa

Masyarakat Diharapkan Bangun Kesepahaman Bersama untuk Memajukan Desa

Suara Satu News
Rabu, 24 Februari 2021

Musyawarah Perencanaan Pembangungan (Musrenbang) Desa Tanggung Tahun 2022, bertempat di Balai Desa Tanggung Kecamatan Padang


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Babinsa Tanggung Koramil 0821/20 Padang Sertu Cahyo Pranowo mengharapkan, agar seluruh elemen masyarakat Desa Tanggung mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara mengakomodir semua potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun dari luar.

“Melalui Musrenbang ini, semua kita berharap menghasilkan kesepakatan yang nantinya akan membuat desa ini lebih maju, lebih harmonis dari sebelumnya,” katanya saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangungan (Musrenbang) Desa Tanggung Tahun 2022, bertempat di Balai Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (23/2/2021) malam.

Cahyo juga mengatakan, bahwa sebagai Babinsa TNI AD pada umumnya, dirinya selalu siap membangun sinergitas dengan perangkat desa serta elemen masyarakat lainnya, yang tujuannya untuk membantu dan mensejahterakan masyarakat Desa Tanggung.

“Sebagai aparat kewilayahan, Babinsa harus dan wajib mengetahui rencana pembangunan di desa sehingga bisa koordinasi dengan aparat desa tentang segala apa yang mungkin timbul hambatan dan langkah-langkah antisipasinya,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Desa Tanggung Sujoko menerangkan, bahwa kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan Tahun 2022.

Menurut dia, hal tersebut dilaksanakan untuk menyepakati usulan kegiatan atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah desa melaksanakan penganggaran dan kegiatan tahunan desa.

“Untuk itu kami berharap, agar seluruh Aparatur, swasta maupun masyarakat dapat bersinergi dalam membangun wilayah di Desa Tanggung, guna mewujudkan kemakmuran serta kesejahteraan yang adil dan merata,” pungkasnya. (By)