TNI, Pemdes, dan Masyarakat Desa Sumberejo Normalisasi Saluran Irigasi Skunder

Suasana di lokasi kegiatan


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir, Babinsa bersama Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Sumberejo melakukan kagiatan kerja bakti normalisasi saluran irigasi sukender sepanjang 150 meter, di Dusun Sekar Putih Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Senin (25/1/2021).

Saat kegiatan tersebut, Sumberejo Koramil 0821/02 Sukodono Serda Budiono menyampaikan, bahwa tingginya curah hujan yang terjadi saat ini berpotensi tehadap terjadinya banjir karena saluran irigasi yang sudah mengalami pendangkalan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknua melakukan normalisasi secara bergotong royong menggunakan alat tradisonal.

“Sasaran normalisasi yaitu pengangkatan material berupa lumpur yang mengendap dan pembuatan tanggul sementara dari sak yang diisi pasir,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Budiono, bahwa Babinsa sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di wilayah, pihaknya akan selalu hadir untuk dapat menjadi contoh dan pelopor bagi usaha-usaha yang dapat mengatasi kesulitan masyarakat disekitarnya.

“Banyak manfaat dari kegiatan  ini , selain lingkungan menjadi bersih juga dapat menumbuhkan rasa saling peduli dalam hal menjaga kebersihan serta menguatkan tali silaturahim,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Budiono juga mengharapkan agar masyarakat Desa Sumberejo dapat menjaga kebersihan lingkungan dan saluran irigasi sebagai antisipasi banjir dalam musim penghujan saat ini.

“Kami berharap masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dan saluran irigasi, sehingga pada saat curah hujan tinggi tidak terjadi banjir yang diakibatkan oleh pendangkalan dan tersumbatnya saluran irigasi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberejo Akhjab mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kelancaran aliran air saluran irigasi, agar tidak tersumbat dan menyebabkan luapan air yang dapat menggenangi pemukiman masyarakat.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan bersama tersebut juga diharapkan dapat memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat, tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan saluran irigasi.

"Terika kasih kepada personel Koramil 0821/02 Sukodono dan masyarakat yang telah turut berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini. Semoga kebersamaan ini dapat mempererat silaturahmi dan kerja sama, sehingga menunjang terwujudnya kemanunggalan antara TNI dan rakyat terutama di wilayah Kecamatan Sukodono," pungkasnya. (By)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.