Putus Covid, Aparatur Desa Babakan Dampingi Tim Kesehatan Tracing Warga

Putus Covid, Aparatur Desa Babakan Dampingi Tim Kesehatan Tracing Warga

Suara Satu News
Sabtu, 23 Januari 2021

Upaya memangkas penyebaran Covid - 19 terus dioptimalkan


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Guna memutus mata rantai Covid-19 di wilayah, Aparatur Desa Babakan melaksanakan pendampingan Tim Kesehatan untuk Tracing keluarga pasien terkonfirmasi Covid-19 yang berada di Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Jumat (22/1/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Babakan Koramil 0821/20 Padang Serka Katijo mengatakan, pentingnya melakukan tracing untuk menelusuri jejak kontak antara pasien yang telah positif COVID -19 dengan orang yang berada di sekitarnya. Upaya melakukan tracing ini perlu dilakukan agar pasien positif COVID -19 tidak semakin meluas.

Lanjut dia, warga yang telah di tracing wajib melakukan monitoring kondisi tubuh. Apabila mengalami gejala seperti batuk dan sesak bisa langsung menghubungi layanan kesehatan terdekat.

“Saat ini yang bersangkutan masih di rumah. Kondisinya masih sehat dan masuk Orang Tanpa Gejala. Namun yang bersangkutan wajib isolasi mandiri yang akan diawasi langsung oleh tim medis dan pemerintah desa setempat” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan pesan agar warga yang sudah di tracing untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan dan memberikan jaminan tidak akan menularkan COVID -19 ke keluarga dan masyarakat.

“Tetap tinggal di rumah, tak perlu keluar, gunakan masker, tetap jaga jarak dengan anggota keluarga minimal 1 atau 1,5 meter, makan gunakan alat tersendiri. Ini adalah bagian dari isolasi mandiri,” pungkasnya. (by)