Musim Hujan, Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Sungai

Serka Imam Kudori selaku Babinsa Selokgondang saat kegiatan pembersihan sungai/normalisasi bersama masyarakat, di wilayah di Aliran Sungai di RT 010 RW 004 Dusun Krajan Kulon Desa Selokgondang Kecamatan Sukodono 


LUMAJANG - (suarasatunews.com)
Kebersihan sungai hendaknya selalu dijaga, terutama saat musim hujan, agar aliran air tidak tersumbat dan tidak menyebabkan luapan air yang dapat menggenangi pemukiman masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Serka Imam Kudori selaku Babinsa Selokgondang saat kegiatan pembersihan sungai/normalisasi bersama masyarakat, di wilayah di Aliran Sungai di RT 010 RW 004 Dusun Krajan Kulon Desa Selokgondang Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Selasa (05/01/2021).

Imam juga menyampaikan, bahwa tumbuhan liar dan sampah yang ada di sepanjang aliran sungai akan menghambat aliran air sungai, sehingga kondisi sungai yang semula sempit dan dangkal  menjadi dalam kembali normal dan lebar. 

Dengan normalisasi sungai, harapannya saat musim hujan seperti saat ini, arus air tidak tersendat, dengan begitu, air akan mengalir secara lancar dan semoga bisa mengurangi potensi banjir.

Ia menambahkan, bahwa tidak hanya melaksanakan pembersihan sungai saja, dalam kegiatan tersebut, pihaknya bersama perangkat desa juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

"Menjaga kebersihan lingkungan perlu untuk dijaga, tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan tetap harus dilakukan, agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kecamatan Lumajang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Selokgondang Masturi mengungkapkan, bahwa pihaknya berterima kasih banyak atas pendampingan Babinsa Selokgondang yang telah memberikan motivasi kepada masyarakat untuk melaksanakan karbak bersama sama dalam membersihkan sungai irigasi agar bisa mengalir lancar dan harapannya semoga ke depan bisa dilaksanakan di tempat lain.

Selain itu, dikatakan Masturi, dalam setiap pelaksanaan kegiatan kewilayahan, Perangkat desa bersama Babinsa  juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, agar kegiatan yang dilakukan tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19.

"Jaga kelancaran saluran air, jaga kebersihan lingkungan, dan tetap jalankan protokol kesehatan di setiap aktivitas," pungkasnya. (Pri)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.