Tak Surut Di Tengah Pandemi, Jokowi Yakin 2021 Indonesia Bangkit dan Pulih

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

JAKARTA - (suarasatunews.com)
Tahun 2020, disebut oleh Joko Widodo sebagai tahun ujian yang berat, bagi dunia termasuk Indonesia. Kendati demikian, Jokowi bersyukur, bisa melewatinya dengan ketegaran.

Pandemi Covid 19, dikatakan oleh Jokowi menjadi pemicu krisis kesehatan di dunia, dan krisis perekonomian dunia yang melanda 215 negara.

"Total kasus positif Covid dunia, sudah mencapai 82 juta orang. Dengan kematian 1,8 juta orang," kata Jokowi di istana negara, Kamis malam (31/12/2020).

Imbuh Jokowi, banyak orang yang kehilangan pekerjaan, kehilangan nafkah dan membuat tahun 2020 merupakan krisis terberat dalam sejarah dunia.

"Bangsa Indonesia, juga tidak luput dari ujian yang amat berat ini. Tapi, kita harus bersyukur, Alhamdulillaah, kita mampu mengahadapinya dengan ketegaran. Kita tetap bisa tegak, menjalankan roda kehidupan. Kita mampu beradaptasi dengan cara - cara baru agar wabah ini bisa kita batasi dan permasalahan perekonomian bisa kita selesaikan satu demi satu," imbuhnya.

Memasuki tahun 2021, Jokowi yakin negara Indonesia mampu bangkit dan melakukan banyak inovasi. Pemulihan perekonomian, tahap demi setahap, telah membaik mulai terasa dikuarta ke 3 dan ke 4 di tahun 2021 saat ini.

"Investasi baru mulai muncul yang akan menggerakkan ekonomi masyarakat dan industri masa depan. Sehingga peluang akan meningkat dan kesejahteraan akan lebih baik," ungap Jokowi.

Selebihnya Jokowi menegaskan, itu bukan berarti persoalan sudah selesai. Ada satu sarat tuturnya untuk mencapai pemulihan yakni, harus berhasil mengatasi pandemi Covid 19.

"Kita harus mampu menghentikan wabah ini dengan segera. Memang, sesuatu yang tidak mudah. Oleh karena itu pemerintah akan terus bekerja keras, mengendalikan kasus Covid - 19. Vaksinasi juga akan dilakukan di pertengahan Januari 2021. Untuk mencapai kekebalan komunal. Sehingga, lanjut Jokowi, Covid - 19 bisa kita hentikan," tukas Jokowi.

Selebihnya, Joko Widodo meminta masyarakat untuk terus disiplin dalam mengatasi penyebaran kasus Covid - 19. 

"Semua orang harus disiplin. Taatilah protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan jangan lengah, jangan menganggap remeh. Dengan kesehatan masyarakat yang pulih, kepercayaan dunia meningkat, maka pemulihan ekonomi akan terjadi di tahun 2021. Bersama - sama kita mampu mengatasi ujian berat ini, tahun 2021akan menjadi catatan sejarah sebagai tahun pemulihan kita semua," pungkas Jokowi. (TIM). 

Lihat : sumber

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.