Musim Hujan, Masyarakat Diimbau Waspadai Potensi Bencana Alam

Foto : Sumber Pendim 0821

LUMAJANG, (suarasatunews.com)
- Danramil 0821/04 Gucialit Kapten Inf Busron mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi saat musim hujan.

“Mengingat kondisi wilayah yang berada di dataran tinggi, kami mengharapkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap terjadinya bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi, terutama saat datangnya musim hujan,” ujarnya saat membantu pelaksanaan kerja bakti penguatan bahu jalan yang longsor pada 21 Otober 2020 lalu, bertempat di Dusun Sidomakmur Desa Gucialit Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (4/11/2020).

Busron juga menyampaikan, sebagai bagian dari aparatur kewilayahan, turut serta personel dalam menanggulangi akibat bencana alam merupakan wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat.

“Selain melaksanakan operasi militer perang, sesuai Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 7 Ayat (2) Poin (b.12), TNI juga berkewajiban membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan,” kata dia.

Sementara itu Camat Gucialit, Iskandar menerangkan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat bahu jalan yang longsor pada 21 Oktober lalu dengan menggunakan sak yang berisi tanah.

Lanjut dia, kondisi alam Kecamatan Gucialit yang berada di dataran tinggi, merupakan daerah yang berpotensi terjadi bencana, seperti tanah longsor, gunung meletus, dan putting beliung, terutama saat musim penghujan.

“Akibat dari kejadian tersebut, sambil menunggu perbaikan dari dinas terkait kita berlakukan sistem buka tutup bagi pengguna jalan, terutama kendaraan roda empat,” pungkasnya. (SR)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.