Kasdim 0821 : Pupuk Rasa Nasionalisme Untuk Jaga Keutuhan NKRI

Kasdim 0821 saat memberikan wawasan kebangsaan (Wasbang), bertempat di Pendopo Pura Mandara Giri Semeru Agung Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Sabtu (17/10/2020).

LUMAJANG, (suarasatunews.com)

Kepala Staf Kodim 0821 Lumajang Mayor Inf Rinanto meminta, agar masyarakat memupuk rasa nasionalisme dengan menyerukan persatuan dan kesatuan, demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Nasionalisme perlu kita pupuk demi keutuhan berbangsa dan bernegara, salah satu cara meningkatkan nasionalisme adalah dengan menyerukan persatuan dan kesatuan," katanya pada saat memberikan wawasan kebangsaan (Wasbang), bertempat di Pendopo Pura Mandara Giri Semeru Agung Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Sabtu (17/10/2020).

Rinanto juga mengatakan, bahwa Indonesia merupakan negara besar dan luas, serta memiliki sumber daya alam yang menjadi rebutan negara lain, sehingga dapat menjadi ancaman bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurutnya, ancaman bangsa Indonesia saat ini adalah dengan proxy war yaitu perang yang dilakukan oleh pihak ketiga melalui berbagai aspek misalnya melalui isu SARA, penyebaran narkoba dan pengaruh negatif dari media sosial.

"Untuk melawan proxy war tersebut, dalam forum ini mari kita bersatu dengan hidup rukun saling membantu antara satu dengan yang lain demi membangun Indonesia tentram dan sejahtera," ujar dia.

Selain itu, dikatakan Rinanto, bahwa saat ini Indonesia mengalami pandemi Covid-19, dan dalam situasi seperti ini yang dapat dilakukan adalah membatasi hal-hal yang memungkinkan penularannya.

"Cengkraman Covid-19 mengakibat banyak warga yang meninggal dunia oleh karena itu mari kita mematuhi protokol kesehatan dan perubahan perilaku yaitu dengan melaksanakan 3 wajib (iman, aman, dan imun, red)," pungkasnya. (By)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.