TNI Lumajang Dampingi PPL dan Petani Jaga Kebersihan Lingkungan Sungai

 

Foto : Sumber Pendim 0821

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Bati Bhakti TNI Koramil 0821/18 Tempursari Serma Supriadi, mengimbau agar masyarakat Desa Kaliuling ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama di wilayah sungai induk yang banyak di tumpuki ranting-ranting pohon serta daun.

Hal tersebut disampaikannya saat pelaksanaan kegiatan karya bakti Normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS), di sungai induk irigasi Desa Kaliuling  Khususnya Dusun Tamansari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (30/8/2020).

Supriadi juga menyampaikan, bahwa sungai induk irigasi relatif ada persediaan air, dalam rangka mengantisipasi musim kemarau yang akan datang, tidak ada salahnya jika langkah langkah efektifitas mulai dilakukan, dengan membersihkan saluran pengairan di lahan persawahan, sehingga mampu memberikan suplai secara maksimal dan menjamin kebutuhan tanaman padi, untuk dapat tumbuh normal tanpa kekurangan pengairan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala untuk menjaga saluran irigasi tetap terpelihara sehingga memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat tani,” kata dia.

Sementara itu, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Kaliuling Ilham menerangkan, bahwa pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya pendampingan dari Personil Koramil, semoga air menjadi lebih lancar sampai di sawah kelompok tani.

“Masyarakat sekitar merasa berterimakasih dengan dibersihkannya saluran irigasi ini,  semoga air akan lebih lancar mengairi area sawah, sehingga pertumbuhan tanaman petani akan lebih optimal serta akan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan,” pungkasnya. (Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.