Shodaqoh Dengan Sembunyi - Sembunyi, Begini Caranya

Gambar : Ilustrasi google

Wasiat Rosulullah kepada Sayyidina Ali Karromallahu Wajhah

Wahai Ali : “Berbuatlah suatu kebaikan walaupun kepada orang-orang yang rendah, Sayyidina Ali bertanya : "‘Siapakah yang dimaksud dengan orang-orang rendah Yaa Rasulallah ?, 
Nabi menjawab, ‘Yaitu orang-orang yang tidak mau menerima nasehat ketika di nasehati, dan tidak mau berhenti ketika di cegah, dan tidak mau memperdulikannya dan ucapannya lebiih banyak kata-kata kotornya”.

Wahai Ali : “Sedekah dengan cara samar itu bisa melebur murka Tuhan, dan menarik barokah dan rizqi yang banyak, dan cepat-cepatlah untuk bersedakah, sesungguhnya, bahaya turun sebelum pagi buta, sehingga dengan kamu mendahuluinya dengan bersedekah maka qodo' / kepastian Alloh yang kurang baik/ jelek akan ditolak udara/diurungkan”.

Dari kesimpulan kedua wasiat beliau (Rosulullah) kepada Sayyidina Ali Karromallahu Wajhah. 

Maka kita sebagai umat muslim di harapkan selalu berbuat baik kepada semua orang disekitar kita, meskipun orang tersebut sangatlah menjengkelkan ,dan kita juga harus tetap mendoakan semoga saudara kita tersebut akan segera dibuka pintu hatinya ,bahkan kita harus tetap sabar dan ikhlas dalam mengingatkannya.

Dan juga ketika kita bersedekah sebisa mungkin untuk tidak menceritakan kebaikan kita, karena ada pepatah yang mengatakan Semakin sedikit kau ceritakan kualitas dirimu,Semakin ikhlas pula orang akan menghargai kehebatanmu.


Penulis : AM Muzammil
PonPes Khomsani Nur.
Referensi : Kitab Washiyatul Mushtofa

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.