Antisipasi Peziarah Datang ke Makam Saat Awal Ramadan, TNI dan Pemeritah Desa Babakan Bersihkan TPU

Foto : Pendim 0821

LUMAJANG, (suarasatunews.com)
Untuk mencegah pendemi virus corona atau Covid-19, Babinsa Babakan Koramil 0821/20 Padang bersama Pemerintah Desa setempat melaksanakan kerja bakti pembersihan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Krajan Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (21/04/2020), dengan menerapkan social distancing atau jaga jarak.

Babinsa Babakan Serka Katijo dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan pembersihan makam dilaksanakan agar dapat mengurangi peziarah datang ke makam, pada saat awal bulan Ramadan untuk membersihkan makam, karena adanya virus corona yang menjadi pendemi di masyarakat saat ini.

Menurut dia, jika TPU tidak dibersihkan lebih dahulu, maka para peziarah akan datang untuk membersihkan makan, dan hal itu berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat di tempat pemakaman umum, maka akan rentan terhadap penyebaran virus corona.

“Harapan kami, agar masyarakat tidak perlu lagi datang ke TPU untuk membersihkan makam cukup berdoa dari rumah, sehingga anjuran pemerintah untuk stay at home atau tinggal di rumah dapat terlaksana dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Babakan Matasid menerangkan bahwa, untuk saat ini pembersihan fasilitas umum, seperti TPU dilaksanakan oleh Pemerintah Desa, TNI dan dibantu sebagian warga.

"Dengan hadirnya perangkat desa dan Babinsa yang membersihkan makam, maka ahli waris tidak perlu lagi datang untuk membersihkannya, sehingga resiko penyebaran virus corona dapat dikendalikan," terang dia.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi yang di berikan Babinsa Babakan yang selalu hadir di dalam kesulitan warganya.

"Kami atas nama warga Desa Babakan menyampaikan terima kasih kepada Babinsa yang selalu aktif dalam membantu dan mendukung setiap kegiatan di wilayah Desa Babakan, semoga hubungan kerjasama dapat berjalan lebih harmonis dan lebih erat lagi". ucapnya. (Bayu)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.