Antisipasi Banjir, TNI, Pemdes dan Masyarakat Lumajang Normalisasi Sungai Pondok Jaya

Menegangkan, saat pembersihan rumpun bambu ditengah aliran sungai

LUMAJANG, (suarasatunews.com)
Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan, Babinsa Sukosari Koramil 0821/12 Jatiroto bersama Pemerintah Desa dan masyarakat melaksanakan normalisasi Sungai Pondok Jaya, di Dusun Pondok Jaya Desa Sukosari Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (8/3/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Sukosari Sertu Samsuliadi menyampaikan, bahwa selain melaksanakan tugas kemiliteran, Babinsa dalam melaksanakan tugas pembinaan wilayah harus dapat menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha yang dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat disekelilingnya.

“Babinsa sebagai bagian dari TNI (Tentara Nasional Indonesia, red) lahir dari rakyat, berbuat dan bekerja untuk rakyat dan nantinya akan kembali kepada rakyat,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Samsuliadi, bahwa tidak hanya aparatur saja, masyarakat juga diharapkan turut berperan aktif dalam menjaga kelancaran aliran air Sungai Pondok Jaya tersebut, agar saat hujan turun tidak menyebabkan banjir yang menggenangi pemukiman masyarakat.

“Menjaga kelancaran saluran air merupakan tugas kita bersama, sehingga saat hujan turun dapat berfungsi dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukosari Iskak Aminudin menjelaskan, bahwa Sungai Pondok Jaya merupakan saluran irigasi yang rawan banjir, sebagai akibat dari besarnya air yang dialirkan dari wilayah Kecamatan Randuagung.

Dirinya berharap, masyarakat turut aktif menjaga kebersihan dan kelancaran sungai tersebut, agar banjir yang sering terjadi saat hujan turun sebagai akibat dari luapan Sungai Pondok Jaya dapat diatasi.

"Terima kasih kepada Babinsa dan masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini. Semoga apa yang kita lakuka bersama ini dapat menanggulangi luapan air sungai yang dapat mengakibatkan banjir, terutama di Dusun Pondok Jaya ini," harapnya. (Pendim 0821/Phie)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.