TNI dan Masyarakat Lakukan Normalisasi Jaringan Irigasi di Wilayah Kecamatan Tempursari

Foto : Pendim 0821

LUMAJANG, (suarasatunews.com) – Sebagai upaya memenuhi kebutuhan air lahan sawah petani di wilayah Kecamatan Tempursari, TNI dan masyarakat melakukan normalisasi pada jaringan irigasi yang berada di Dusun Krajan Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (16/1/2020).

Saat kegiatan tersebut, Bati Bakti TNI Koramil 0821/18 Tempursari Serma Supriadi mengatakan, bahwa selain melaksanakan tugas militer, TNI juga bertugas mendampingi petani untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi, serta membantu meningkatkan hasil panen guna menunjang keberhasilan program Ketahanan Pangan Nasional.

"Semoga dengan kegiatan pembersihan ini aliran air menjadi lebih lancar, petani pun tidak kesulitan mengairi lahan sawahnya, sehingga dapat lebih konsentrasi dalam meningkatkan hasil panen untuk mendukung program Ketahanan Pangan Nasional," katanya.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian (UPT BPP) Kecamatan Tempursari Hendra Swandaru menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperlancar aliran air, agar dapat memenuhi kebutuhan lahan sawah yang di sekitarnya.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, bahwa selain mengairi lahan sawah di desa setempat, saluran irigasi tersebut juga mengairi lahan pertanian milik Poktan Ngaji Kismo di Desa Purorejo dan lahan sawah milik Poktan Sumoroto II di Desa Tempurejo.

"Dengan lancarnya saluran ini, ke depan diharapkan tidak akan ada lagi permasalahan kekurangan air dan hasil panen dapat menjadi lebih baik, sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat," harapnya. (Pendim 0821/Phie)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.