TNI Bantu Petani di Lumajang Kendalikan Hama Pengrusak Hasil Penen

TNI bersama warga dilokasi persawahan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) – Sebagai upaya khusus (Upsus) terwujudnya tujuan program Ketahanan Pangan Nasional, Koramil 0821/05 Klakah menerjunkan personelnya melakukan pendampingan terhadap petani untuk pengendalian hama tikus yang menyerang lahan pertanian.

Hal tersebut disampaikan oleh Bati Tuud Koramil 0821/05 Klakah Pelda Doni Handoyo saat memberikan pendampingan kepada Kelompok Tani (Poktan) Santoso, di Desa Duren Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (14/1/2020).

Doni juga menyampaikan, bahwa selain melaksanakan pembinaan wilayah, Personel Koramil 0821/05 Klakah juga bertugas sebagai pendamping petani dalam upaya meningkatkan hasil panen.

“Semoga dengan kegiatan ini, hama tikus yang menyerang lahan sawah petani di Desa Duren dapat dikendalikan, sehingga tidak sampai meluas yang dapat menyerang lahan sawah kelompok tani yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Koordinator Lapangan Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian (UPT BPP) Kecamatan Klakah Sucipto mengatakan, bahwa pelaksanaan gropyokan/ pengendalian hama tikus tersebut bertujuan untuk mengendalikan hama yang menyerang lahan sawah petani.

Ia juga mengatakan, pihaknya menggunakan dua metode gropyokan dalam kegiatan tersebut, yaitu pemasangan racun dan pengasapan menggunakan pestisida (fumigasi).

“Terima kasih atas peran aktif personel Koramil 0821/05 Klakah dalam upaya pengendalian hama tikus yang menyerang lahan sawah petani. Semoga kegiatan ini dapat membantu menyelamatkan musim panen mendatang, sehingga hasil yang didapat sesuai dengan harapan,” harapnya. (Pendim 0821/Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.