Cegah Demam Berdarah, Masyarakat Lumajang Diminta Ikut Jaga Kebersihan Lingkungan

Babinsa turut serta dalam pengasapan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) - Babinsa Karangrejo Koramil 0821/11 Yosowilangun Serda Karminto menyampaikan, bahwa untuk mencegah merebaknya wabah demam berdarah di wilayah, masyarakat diminta ikut menjaga kebersihan di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing.

"Peran aktif masyarakat dalam mencegah merebaknya penyakit demam berdarah, dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal, serta membudayakan menutup, menguras dan mengubur (3M) tempat- tempat yang dapat menampung air," ujarnya saat mendampingi kegiatan fogging atau pengasapan, di Dusun Tulusrejo Desa Karangrejo Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (30/1/2020).

Karminto juga menyampaikan, sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas melaksanakan pembinaan wilayah, serta sebagai mitra kerja Pemerintah Desa (Pemdes), pihaknya turut andil dalam kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian terhadap masyarakat, terutama di bidang kesehatan.

"Salah satu upaya mencegah merebaknya wabah demam berdarah adalah dengan melaksanakan fogging (pengasapan, red) dan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan," katanya.

Sementara itu, Koordinator Kesehatan Lingkungan Puskesmas Yosowilangun Nurul Huda mengatakan, bahwa melaksanakan fogging saja tidak cukup dalam mencegah wabah demam berdarah, tetapi juga perlu dilakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap tempat-tempat yang dapat menampung air.

Menurut dia, fogging hanya efektif bagi nyamuk dewasa saja tetapi tidak memberikan pengaruh kepada telur dan  jentik-jentiknya.

"Untuk itu melalui 3M, tidak hanya menguras tetapi juga menyikat dinding dan lantai tempat penampungan air, agar telur dan jentik nyamuk yang menempel erat dapat ikut terbuang," pungkasnya. (Pendim 0821/Phie)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.