Petani Desa Grati Diimbau Jaga Kebersihan Saluran Irigasi

Babinsa Grati Koramil 0821/19 Sumbersuko Sertu Nur Yahya, memberikan tauladan pada petani tentang normalisasi saluran irigasj

LUMAJANG, (suarasatunews.com) - Babinsa Grati Koramil 0821/19 Sumbersuko Sertu Nur Yahya mengimbau kepada petani untuk selalu menjaga kebersihan saluran irigasi, agar aliran air tidak tersumbat dan dapat menyebabkan luapan air.

Hal tersebut disampaikannya saat kegiatan Gotong Royong membersihkan saluran irigasi tersier bersama Kelompok Tani (Poktan) Rais Kanan, di Dusun Krajan Desa Grati Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (15/12/2019).

Yahya juga menyampaikan, bahwa debit air yang dialirkan selama musim hujan lebih besar dibandingkan saat musim kemarau. Oleh karena itu, kebersihan saluran irigasi harus selalu dijaga, baik dari sampah, tanaman liar maupun timbunan tanah yang mengakibatkan pendangkalan.

"Dengan dilaksanakannnya kegiatan pembersihan saluran irigasi ini, aliran air menjadi lebih lancar, serta dapat menunjang peningkatan hasil pertanian di Desa Grati," ujarnya.

Sementara itu, Pj. Kepala Desa Grati Evita mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah debit air yang dialirkan, sehingga tidak menimbulkan luapan air yang dapat menggenangi tanaman petani.

Ia berharap, dengan lancarnya aliran air tersebut dapat menunjang upaya petani dalam meningkatkan hasil panen, sehingga dapat menunjang keberhasilan Program Ketahanan Pangan Nasional sesuai dengan harapan pemerintah.

"Terima kasih kepada Babinsa yang selalu aktif mendampingi petani Desa Grati dalam meningkatkan hasil panen," pungkasnya. (Pendim 0821/Fj).

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.