TNI dan Poktan Desa Sukosari Lakukan Pengerukan Saluran Irigasi Tersier Lahan Pertanian

Suasana dilokasi kegiatan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) – Untuk memperlancar aliran air menuju lahan sawah petani, Babinsa Sukosari Koramil 0821/12 Jatiroto bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Subur Makmur melakukan pengerukan dasar saluran irigasi tersier, di Dusun Sukosari Desa Sukosari Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (14/11/2019).

Saat kegiatan tersebut, Babinsa Sukosari Koramil 0821/12 Jatiroto Sertu Samsuliadi menyampaikan, bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) di samping melaksanakan pembinaan wilayah, juga bertugas sebagai pendamping bagi petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian.

“Ketersediaan pasokan air yang mencukupi kebutuhan lahan sawah petani sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran kegiatan pertanian, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengharapkan agar petani selalu menjaga kebersihan saluran irigasi dari sampah dan tanaman liar serta endapan tanah terutama menjelang musim hujan, agar dapat menambah debit air dan memerlancar alirannya.

Sementara itu, Ketua Poktan Subur Makmur Basri mengatakan, bahwa kegiatan pembersihan dan pengerukan dasar saluran irigasi tersebut dilakukan sebagai persiapan untuk mengahadapi musim hujan mendatang.

Ia juga mengatakan, dengan kegiatan tersebut diharapkan saluran irigasi yang ada dapat menampung lebih banyak debit air dan mengalirkannya dengan lancar, sehingga tidak sampai meluber dan menggenangi lahan sawah petani.

“Terima kasih kepada Babinsa yang selalu mendampingi petani, semoga hasil panen mendatang dapat lebih meningkat, sehingga dapat menunjang keberhasilan Program Ketahanan Pangan Nasional sesuai dengan yang diharapkan pemerintah,” pungkasnya. (Pendim 0821/Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.