TNI dan Masyarakat Pasang Gorong-gorong Saluran Irigasi di Desa Duren

Foto : Pendim 0821

LUMAJANG, (suarasatunews.com) – Sebagai upaya memfasilitasi sistem pengairan lahan pertanian, TNI Koramil 0821/05 Klakah dan masyarakat bergotong royong memasangan gorong-gorong saluran irigasi sepanjang 100 meter, di Dusun Darungan wetan Desa Duren Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (21/11/2019).

Saat kegiatan tersebut, Danramil 0821/05 Klakah Kapten Inf. Sujono menyampaikan, bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) di samping melaksanakan pembinaan wilayah, juga bertugas sebagai pendamping bagi petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian.

Dirinya berharap, agar petani selalu menjaga kebersihan saluran irigasi dari sampah dan tanaman liar, serta endapan tanah terutama menjelang musim hujan, sehingga dapat menambah debit air dan memerlancar alirannya dengan baik.

“Program peningkatan swasembada pangan tidak hanya dititik beratkan pada lahan pertanian saja, namun sarana penunjang juga sangat penting seperti saluran air ini untuk mencukupi kebutuhan lahan petani,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Darungan wetan Kusnadi mengatakan, bahwa dirinya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang selalu aktif dan hadir di tengah-tengah masyarakat, serta dan membantu disetiap kegiatan kemasyarakatan.

“Kami harap saluran irigasi itu nantinya, dapat menampung lebih banyak debit air dan mengalirkannya dengan lancar, sehingga tidak sampai meluber dan menggenangi lahan sawah petani,” katanya. (Pendim 0821/Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.