Satlinmas dan SKD Kecamatan Lumajang Diharap Siap Wujudkan Pilkades Aman

Foto : Pendim 0821

LUMAJANG, (suarasatunews.com) – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Satuan Tugas Keamanan Desa (SKD) Kecamatan Lumajang diharap selalu siap menjaga keamanan dan ketertiban wilayah menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 18 Desember 2019 mendatang.

“Satlinmas dan SKD Kecamatan Lumajang diharapkan siap menjaga Kondusifitas wilayah menjelang pelaksanaan Pilkades serentak sesuai tugas dan fungsinya masing-masing dengan meningkatkan sinergisitas bersama aparat keamanan lainnya,” harap Danramil 0821/01 Lumajang Kapten Arm Ony Ariyanto, S.H. saat memberikan pembinaan kepada Satlinmas dan SKD Kecamatan Lumajang di Ruang Rapat Kantor Camat Lumajang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (21/11/2019).

Ony juga menyampaikan, bahwa menjelang Pilkades serentak yang dilaksanakan pada 18 Desember 2019 mendatang, situasi dan kondisi keamanan wilayah perlu untuk dijaga agar tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan pribadi, yang dapat menyebabkan keresahan masyarakat.

“Guna menunjang terwujudnya hal tersebut, setiap anggota Satlinmas dan SKD dapat menjunjung netralitasnya agar tidak terjadi perpecahan di antara petugas, sehingga dalam melaksanakan tugas pengamanan proses Pilkades dapat berjalan dengan tertib dan lancar tanpa ada kendala,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Lumajang Abdul Bashar mengatakan, anggota Satlinmas dan SKD sebagai bagian dari aparat keamanan diharapkan menjaga netralitasnya dengan tidak ikut dalam pelaksanaan rapat tim sukses masing-masing calon kepala desa.

Lebih lanjut dia mengatakan, perlunya menjaga netralitas aparat keamanan desa sebagai upaya agar tidak terjadi perpecahan di antara sesama petugas, yang nantinya dapat berdampak pada keresahan masyarakat.

“Politik uang merupakan hal yang sering dilakukan oleh tim sukses masing-masing calon kepala desa untuk memperoleh suara masyarakat, untuk itu diharapkan anggota Satlinmas dan SKD dapat berkoordinasi dengan aparat keamanan dari TNI maupun Polri untuk meminimalisir hal tersebut, sehingga kemanan dan detertiban wilayah dapat selalu terjaga,” pungkasnya. (Pendim0821/Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.