Masyarakat Lansia Desa Rojopolo Diminta Manfaatkan Layanan Kesehatan Gratis

Babinsa melakukan pendampingan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) –  Masyarakat lanjut usia (lansia) Desa Rojopolo diminta manfaatkan pelayanan kesehatan gratis secara rutin di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) lansia yang tersedia di desa setempat.

Hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Rojopolo Koramil 0821/12 Jatiroto Serda Adi Suyono saat mendampingi kegiatan Posyandu lansia “SMESH” di Desa Rojopolo Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (8/11/2019).

Adi juga menyampaikan, bahwa sebagai anggota Tentara Naional Indonesia (TNI) yang bertugas di wilayah, sekaligus sebagai mitra kerja pemerintah desa setempat, juga berkewajiban untuk membantu mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, kami harapkan agar masyarakat yang telah lanjut usia untuk dapat memperhatikan dan kesehatannya, sehingga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Bidan Desa Rojopolo Hermin Wulandari, Amd. Keb., mengatakan, bahwa kegiatan posyandu lansia tersebut merupakan agenda rutin tiga bulan sekali, yang bertujuan untuk membantu pemerintah desa dalam menjaga kesehatan masyarakat, khususnya yang telah berusia lanjut.

Ia juga mengatakan, selain dilakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan yang meliputi pengecekan tekanan darah, kadar kolesterol, kadar gula darah dan tingkat asam urat, dalam kegiatan tersebut juga diberikan latihan fisik bagi lansia berupa olahraga ringan, serta kegiatan refreshing berupa pelatihan keterampilan seperti mejejahitan, dan bercocok tanam.

“Diharapkan melalui kegiatan ini (Posyandu lansia, red), masyarakat yang telah masuk masa lansia dapat terjaga kesehatannya, serta dapat menambah pengetahuan dengan berbagai keterampilan yang diberikan, sehingga lansia Desa Rojopolo tidak hanya berdiam diri saja, tetapi juga memiliki kegiatan positif dalam mengisi waktu luangnya,” pungkasnya. (Pendim 0821/Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.