Petani Kecamatan Yosowilangun Diharap Dukung Ketahanan Pangan Nasional

suaasana dilokasi kegiatan
Lumajang, (suarasatunews.com) – Petani di Kecamatan Yosowilangun diharapkan untuk ikut mendukung kesuksesan Program Ketahanan Pangan Nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Bati Tuud Koramil 0821/11 Yosowilagun Peltu Mashuri dalam kegiatan Penanaman Tanaman Refugia pada tepi saluran irigasi, yang berada di Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (29/10/2019).

Mashuri juga menyampaikan, bahwa selain melaksanakan tugas pembinaan wilayah, Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya Angkatan Darat (AD), melalui Babinsa juga bertugas untuk memberikan pendampingan terhadap petani, guna mempercepat peningkatan hasil produksi pertanian.

“Bersama mari kita wujudkan kesuksesan program Ketahanan Pangan Nasional di Kabupaten Lumajang umumnya, dan Kecamatan Yosowilangun khususnya, sehingga tujuan menyejahterakan petani dan masyarakat dapat segera terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) UPT. Pertanian Kecamatan Yosowilangun Lutfiyah mengatakan, bahwa upaya peningkatan hasil panen dalam mendukung kesuksesan Program Ketahanan Pangan Nasional terus dilakukan, salah satunya dengan melaksanakan pengendalian terhadap Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Lanjut dia, pengendalian OPT tidak harus menggunakan obat kimia, tetapi dapat menggunakan prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yang berbasis lingkungan dengan memanfaatkan tanaman pinggir seperti jenis Refugia, sehingga keseimbangan Agroekosistem di lapangan tetap terjaga.

Lutfiyah juga mengatakan, dengan menggunakan sistem pengenddalian OPT tersebut, diharapkan dapat memberikan keuntungan ekonomi yang maksimal, serta memberikan dampak yang aman bagi pekerja, konsumen dan lingkungan hidup.

“Untuk itu, kami harap petani yang ada di wilayah dapat membudidayakan tanaman Refugia di sekitar lahan pertaniannya,” pungkasnya. (Pendim 0821/Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.