Masyarakat Kecamatan Ranuyoso Diimbau Stop Buang Air Besar Sembarangan

Foto bersama usai kegiatan

LUMAJANG, (suarasatunews.com)
Danramil 0821/06 Ranuyoso Kapten Arh Ariman mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan kelestarian lingkungan, dengan tidak buang air besar (BAB) di sembarang tempat.

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri kegiatan Open Defecation Free (ODF), yang bertempat di Balai Desa Wonoayu Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (16/10/2019).

Ariman juga menyampaikan, bahwa untuk mendukung dan menyukseskan tujuan ODF sesuai dengan harapan pemerintah, Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui program Gerakan Masyarakat Membangun Sejuta Jamban Untuk Keluarga Indonesia (Gema Sang Juara) telah membangun sejuta jamban bagi keluarga ekonomi lemah di wilayah.

Lanjut dia, selain membangun jamban bagi keluarga ekonomi kurang mampu, melalui program tersebut juga dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak BAB di sungai atau sembarang tempat.

“Dengan tidak BAB di sembarang tempat, kesehatan masyarakat akan lebih meningkat dan kelestarian lingkungan pasti akan tetap terjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Ranuyoso Iko Sawarisdyanto mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya ODF adalah  untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan menghilangkan kebiasaan masyarakat BAB di sembarang tempat.

Ia juga mengatakan, ODF dikatakan berhasil apabila di lingkungan masyarakat telah mencapai tahap sanitasi total, dimana setiap masyarakat berhenti BAB di sembarang tempat, dan telah memiliki jamban sehat di rumah masing-masing.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah menumbuhkan kesadaran dalam diri masing-masing untuk tidak BAB di sembarang tempat,” pungkasnya. (Pendim 0821/Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.