Masyarakat Jatigono Diimbau Selalu Konsumsi Garam Yodium

Foto : Pendim 0821

LUMAJANG, (suarasatunews.com) – Danramil 0821/13 Kunir Kapten Inf Rianto mengimbau agar masyarakat, khususnya bagi ibu hamil untuk selalu mengkonsumsi garam beryodium, agar kesehatan tetap terjaga.

Hal tersebut disampaikannya saat kegiatan pemantauan garam beryodium pada sejumlah Kios  Distributor bersama Tim Gabungan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY), di Pasar Desa Jatigono Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (29/10/2019).

Rianto juga menyampaikan, bahwa  keterlibatannya dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menjamin terjaganya kesehatan masyarakat.

“Semoga dengan pelaksanaan razia secara berkesinambungan ini, dapat meminimalisir peredaran garam yang memiliki kadar yodium rendah di lingkungan masyarakat, sehingga kesehatan akan tetap terjaga khususnya bagi ibu hamil dan anak-anak,” harapnya.

Sementara itu, Petugas Puskesmas Kunir dr. Diana mengatakan, bahwa kurang mengkonsumsi garam beryodium dapat membahayakan masyarakat, khususnya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan penyakit, antara lain gondok dan hipotiroid.

Ia juga mengatakan, razia yang dilakukan tim gabungan GAKY pada toko-toko distributor yang ada di pasar setempat merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjaga kesehatan masyarakat dengan meminimalisir beredarnya garam yang memiliki kadar yodium rendah di masyarakat.

“Tim melakukan tes langsung di kios-kios distributor yang menjual garam. Dan, apabila tidak memenuhi standar, maka akan dilakukan penyitaan dan pemilik toko akan dikenakan sanksi,” pungkasnya. (Pendim 0821/Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.