Dandim 0821 Lumajang : Jaga Kerukunan untuk Ciptakan Stabilitas Keamanan Wilayah

Dandim saat bersama warga

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi, SE., mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan berperan aktif dalam menciptakan stabilitas keamanan di lingkungan masing-masing.

Hal tersebut disampaikannya saat melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dan ngopi bareng masyarakat dan pemuda di beberapa warung kopi yang ada di beberapa kecamatan sektor utara (Kecamatan Randuagung, Kecamatan Ranuyoso dan Kecamatan Klakah, red) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (11/10/2019) malam.

Fauzi juga menyampaikan, bahwa  peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas yang masih terjadi di wilayah Kabupaten Lumajang.

“Kita semua bersaudara, maka dengan menjaga kerukunan dan kekompakan di lingkungan masyarakat akan mewujudkan ikatan kuat yang dapat dijadikan kekuatan dalam membantu pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Fauzi, bahwa pelaku tindak kriminalitas saat ini mayoritas adalah anak-anak muda, yang merupakan dampak dari banyaknya anak usia produktif yang putus sekolah, serta pergaulan bebas dan penyalahgunaan Narkoba serta minuman keras.

“Banyaknya anak usia produktif yang putus sekolah akan berdampak pada upaya pencarian kerja, sehingga mudah terjerumus kepada pengaruh pergaulan bebas, yang dapat menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan uang dengan mudah untuk memenuhi kebutuhannya,” katanya.

Fauzi menambahkan, bahwa dua bulan ke depan Kabupaten Lumajang akan menyelenggarakan pesta demokrasi, yaitu pelaksanaan Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak, tepatnya pada tanggal 18 Desember 2019.

Dia berharap, seluruh masyarakat untuk turut mengawal pelaksanaan Pilkades serentak tersebut, agar dapat berjalan dengan jujur, adil, aman dan damai.

“Untuk itu, menjelang pelaksanaan tersebut, masyarakat diimbau agar meningkatkan kesadaran diri untuk menjaga stailitas keamanan di wilayah masing-masing, dengan membantu SKD (Satgas Keamanan Desa, red) maupun aparat keamanan lainnya, dengan lebih menggalakkan siskamling di lingkungan masing-masing, sehingga tindak kriminalitas yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab dapat diminimalisir,” pungkasnya. (Pendim0821/Phie)


Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.