Petani Lumajang Diimbau Jaga Kebersihan Saluran Air Dengan Baik

TNI bersama masyarakat membersihkan aliran irigasi

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Danramil 0821/01 Lumajang Kapten Arm Ony Ariyanto, S.H., mengimbau kepada petani untuk selalu menjaga kebersihan dan kelancaran saluran irigasi, agar dapat memenuhi kebutuhan air bagi lahan pertanian.

Hal tersebut disampaikannya saat kegiatan karya bakti pembersihan saluran irigasi di Desa Boreng Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (26/9/2019).

Ony juga menyampaikan, bahwa dalam kegiatan ini tidak hanya membersihkan sampah dan tanaman liar yang menghambat aliran air saja, tetapi juga dilakukan pengerukan dasar saluran irigasi agar dapat menambah debit air yang dialirkan.

“Panjang saluran irigasi yang dibersihkan 350 meter dan mengairi lahan pertanian seluas 150 hektare,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Ony, bahwa kelancaran aliran air sangat penting untuk selalu dijaga, agar petani tidak mengalami kesulitan dalam mengairi lahan pertaniannya.

Ia menambahkan, bahwa personel Koramil khususnya Babinsa, di samping melaksanakan pembinaan di wilayah, juga bertugas sebagai pendamping petani bersama dengan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Pertanian, dalam upaya meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Semoga dengan lancarnya ketersediaan air bagi lahan pertanian, dapat memberikan motivasi kepada petani untuk berupaya meningkatkan hasil panen, sehingga dapat mendukung terwujudnya keberhasilan program Ketahanan Pangan Nasional seperti yang diharapkan pemerintah,” harapnya. (Pendim 0821/By)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.