Petani Lumajang Diharapkan Ikut Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

Suasana diruang kegiatan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Petani di Lumajang diharapkan ikut berperan aktif untuk mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional, dengan cara meningkatkan mutu dari hasil produksi pertaniannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Danramil 0821/13 Kunir Kapten Inf Rianto saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Ketahanan Pangan di Ruang Pertemuan Kantor Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertaian (UPT BPP) Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (3/9/2019).

Rianto juga mengatakan, bahwa Ketahanan Pangan Nasional merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah, dengan tujuan untuk mewujudkan ketersediaan produk pangan nasional, serta untuk meningkatkan mutu dan kesejahteraan petani.

“Pembentukan kelompok sangat penting dilakukan, karena berfungsi sebagai wadah untuk menyerap aspirasi dan peningkatan pengetahuan serta keterampilan bagi para petani,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPT BPP Kecamatan Kunir Tri Putranto menjelaskan, kelompok yang terbentuk di lingkup petani seperti Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), merupakan kelompok yang bersifat independent, berorientasi pada kegiatan ekonomi, sosial dan budaya disektor agribisnis, berbasis di pedesaan, berwawasan lingkungan formal, berdaulat dan berskala nasional.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan bahwa Gapoktan adalah wadah penyaluran aspirasi petani, menyinkronkan dan menyampaikan kebijakan,serta program pemerintah kepada petani. 

“Peran aktif semua pihak sangat diperlukan. Untuk itu, mari kita satukan tujuan untuk menyukseskan program ketahanan pangan nasional sesuai dengan yang diharapkan pemerintah, sehingga upaya peningkatan kesejahteraan petani dapat terwujud,” jelasnya. (Pendim0821/Fj)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.